5 Duel Bersejarah Derby Manchester

derby Manchester

Sepakbola.com, Manchester – Manchester United akan menjamu Manchester City di Old Trafford, pada duel derby Manchester edisi perdana musim ini (10/9). Kedua klub tercatat memiliki rivalitas dan sejarah panjang di sepak bola Inggris, dan berikut lima laga derby Manchester paling bersejarah .


Manchester United 1-3 Manchester City, Divisi Satu, Maret 1968

Mat Busby manajer Manchester United
Sir Matt Busby saat melatih Manchester United

Dengan sisa 10 pertandingan United ada di urutan kedua dan City urutan ketiga. Keduanya menyimpan pertandingan dari Leeds United yang memimpin klasemen. George Best mencetak gol untuk United, tetapi City berhasil meraih kemenangan berkat gol Colin Bell, George Heslop dan Francis Lee. Kedua tim berjuang hingga hari terakhir dan City berhasil juara usai menang 4-3 melawan Newcastle, membuat United finish di urutan kedua. Namun, musim United berakhir manis usai mereka menang 4-1 atas Benfica, membuat pasukan Sir Matt Busby menjadi klub Inggris yang menjuarai European Cup, 10 tahun setelah kecelakaan pesawat di Munich yang merenggut nyawa delapan pemain United.


Manchester United 0-1 Manchester City, Divisi satu, April 1974

Setelah meninggalkan United pada 1973 usai mencetak 237 gol yang membuatnya jadi pencetak gol terbanyak ketiga di Old Trafford, striker Skotlandia Denis Law menyeberang The Citizens.

Beberapa golnya cukup menggema untuk City, salah satunya saat lawan United tahun 1974. United sudah putus asa untuk bisa menang agar mereka tak terdegradasi, dan di sisa sembilan menit saat skor masih 0-0, back-heel Law memberikan kemenangan untuk City yang membuat United terdegradasi pada tahun 1974. Namun Law putus asa dan tak pernah lagi menendang bola di liga.


Manchester City 5-1 Manchester United, Divisi Satu, September 1989

BACA JUGA
[VIDEO] Terungkap! Ini Dia Pemicu Insiden Fernandinho Cekik Leher Fabregas

Sir Alex Ferguson memasuki musim ketiganya sebagai manajer United dan musim sebelumnya timnya finish di urutan ke-11. Saat itu tampak Ferguson tak akan mengakhiri puasa gelar United selama 22 tahun. Derby pertamanya pada musim 1989-90 di Maine Road berakhir dengan mengerikan untuk Ferguson, karena David Oldfield memberikan kemenangan derby terbesar untuk City sejak 1955. Tetapi, Red Devils berhasil menjuarai FA Cup pada musim ini.


Manchester United 5-0 Manchester City, Premier League, November 1994

Setelah menunggu lama untuk meraih gelar liga Inggris, United akhirnya berhasil mendapat double, liga dan FA Cup, pada tahun 1994. Derby di Old Trafford pada akhir tahun menunjukkan jurang yang lebar antara kedua tim Manchester ini. Winger Rusia Andrei Kanchelskis mencetak hattrick dan juga ada gol Eric Cantona serta Mark Hughes, usai MU dipermalukan Barcelona 4-0 di Liga Champions.


Manchester United 1-6 Manchester City, Premier League Desember 2011

Ferguson tak mau menyebut Manchester City tetangga yang berisik, usai pengusaha Abu Dhabi United Group mengakuisisi City pada Agustus 2008. Namun, dia tak bisa menepis dampak yang dibuat City karena United kalah menyakitkan di Old Trafford. Dua gol Mario Balotelli membuat City mengontrol pertandingan. Jonny Evans kemudian diusir dari lapangan pada babak kedua, yang membuat pertandingan berubah drastis. Sergio Aguero, David Silva dan Edin Dzeko mencetak gol dan ini menjadi kekalahan terbesar United selama 66 tahun. (Sumber:Sport360)

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini