8 Pemain Jalani Debut di Timnas Dan Segelintir Fakta Menarik Lain Saat Indonesia Bungkam Malaysia

Ada setidaknya tujuh fakta menarik yang tersaji saat Indonesia menekuk musuh bebuyutan Malaysia di laga uji coba dengan skor telak 3-0.

Pemain Kunci Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

Sepakbola.com, Solo – Indonesia menjalani debut laga internasional perdananya dengan penampilan apik usai lebih dari satu tahun absen di kancah Internasional akibat jatuhnya suspensi dari FIFA. Bertempat di Stadion Manahan, Solo. Timnas Garuda berhasil menjinakkan pasukan Harimau Malaysia dengan skor telak 3-0, Selasa (6/9).

Sejumlah fakta menarik mewarnai kemenangan yang diperoleh dari dua gol Boaz Salossa dan satu gol Irfan Bachdim. Salah satunya yakni Alfred Riedl berani memainkan 8 pemain debutan di laga ini.

Riedl dalam laga uji coba ini cukup berani dengan memanggil 13 pemain debutan dari 22 nama yang ada. Mereka adalah Teguh Amiruddin, Indra Kahfi Ardhiyaksa, Hansamu Yama Pranata, Dedi Gusmawan, Rudolof Yanto Basna, Abdul Rahman, Abduh Lestaluhu, Ichsan Kurniawan, Bayu Pradana Andriatmo, Adam Alis Setyano, Septian David Maulana, Irsyad Maulana, Lerby Eliandry.

Namun dalam 13 pemain tersebut, hanya 8 pemain yang akhirnya diberikan kesempatan tampil. Tiga di antaranya adalah Abdul Abanda Rahman, Rudolof Yanto Basna, serta Bayu Pradana yang turun sejak menit awal pertandingan.

Selain itu, ada lima pemain yang diturunkan sebagai pemain pengganti, yakni Indra Kahfi Ardhiyasa, Muhammad Abduh Lestaluhu, Ichsan Kurniawan, Irsyad Maulana, dan Lerby Eliandry Pong Babu.

Fakta menarik kemenangan lainnya adalah dua gol yang dicetak Boaz mengakhiri puasa gol penyerang yang akrab disapa Bochi ini. Ia terakhir kali mencetak gol saat meladeni China pada ajang kualifikasi Piala Asia, 15 Oktober 2013. Selain itu gol ke gawang Malaysia menjadi yang ke-8 bagi Irfan Bachdim dari 27 penampilan.

Dalam laga ini pula, Alfred Riedl memberikan kesempatan untuk kakak beradik tampil secara bersamaan di timnas Indonesia. Indra Kahfi dan Andritany Ardhiyasa untuk pertama kalinya bermain bersama di Timnas Indonesia. Ini merupakan pertama kalinya sejak era Boaz dan Ortizan Salossa yang tampil mempesona di Piala Tiger 2004.

BACA JUGA
Indonesia Yakin Bisa Cetak Gol Tandang Di Vietnam

Terakhir fakta menarik tang berhasil dihimpun yakni  Ichsan Kurniawan (20 tahun) menjadi pemain muda yang melakoni debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Malaysia. Sementara itu, pemain paling tua yang melakoni debut dipegang bek Bhayangkara FC, Indra Kahfi Ardhiyasa (29 tahun). (sumber: Goal)

Penulis: Ardi Purwoko/ Editor: Rudi Purwantoro

 

 

Komentari Artikel Ini