Blunder Kiper Buat Timnas Indonesia U-19 Kalah, Ini Pembelaan Pelatih

Hermansyah menganggap kondisi Riyandi dan Satria lebih baik dibandingkan Awan Setho. (Sumber foto: PSSI.org)

indonesia-u-19

Sepakbola.com, Hanoi –  Timnas Indonesia U-19 yang tengah berkiprah di ajang Piala AFF di Vietnam, secara mengejutkan gagal mempersembahkan kemenangan dalam laga perdana setelah takluk dari Myanmar dengan skor tipis 3-2.

Menariknya, kekalahan ini disebabkan blunder penjaga gawang Satria Tama yang berujung gol kemenangan yang dicetak pemain Myanmar, Shwe Ko.

Meski demikian pelatih Eduard Tjong tidak menyalahkan kiper Persegres Gresik ini. Menurutnya hal itu masih manusiawi apalagi di pertandingan ini ia menggantikan kiper Riyandi yang harus ditarik keluar karena cedera.

Selain itu dirinya juga belum bisa memastikan Riyandi bakal dimainkan melawan Thailand di laga selanjutnya.

“Kiper sekelas Dino Zoff saja pernah melakukan blunder. Kondisi Riyandi masih fifty-fifty. Apakah bisa kami turunkan lawan Thailand, kita lihat besok,” ucapnya membela sang pemain.

Sementara itu pelatih kiper timnas U-19, Hermansyah, coba menjelaskan pihaknya memilih Satria Tama sebagai pengganti Muhammad Riyandi. Padahal di dalam bench masih ada Arwan Setho yang sudah berpengalaman tampil di event ini.

“Mengapa saya pilih Riyandi daripada Awan Setho? Karena dia paling siap, dan mentalnya oke jelang laga lawan Myanmar. Terus saya ganti Riyandi dengan Satria, karena Satria paling siap juga. Saya punya penilaian dengan mengamati kondisi terakhir ketiga kiper ini,” timpal Hermanysah. (Sumber: PSSI)

Penulis: Ardi Purwoko/ Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini