Data Dan Fakta Menarik Jelang Manchester United Kontra Zorya

Manchester United dan Zorya akan bertemu pertama kali di kompetisi Eropa.

Manchester United Zorya sepakboladotcom

Sepakbola.com, Manchester – Menghadapi Zorya Luhansk pada laga kedua Grup A Liga Europa di Stadion Old Trafford, Jumat (30/9) dini hari WIB, Manchester United diuntungkan dengan pengalaman Eropa.

The Red Devils asuhan Jose Mourinho meraih hasil negatif di laga pembuka grup, dengan tumbang 0-1 di markas Feyenoord. Namun Mourinho sebelumnya memang telah mengatakan tidak menjadikan Liga Europa sebagai prioritas.

Maka pada pertarungan tersebut, juru taktik asal Portugal itu menurunkan beberapa pemain lapis kedua seperti Marcos Rojo, Ander Herrera dan Morgan Schneiderlin, serta Marcus Rashford yang diplot sebagai penyerang tunggal.

Bagaimana sang lawan? Bagi sebagian kalangan, nama Zorya mungkin masih terdengar asing. Mourinho bahkan sempat mengatakan, sama sekali tidak mengetahui segala hal tentang tim asal Ukraina tersebut, usai pengundian grup berapa waktu lalu.

Berdasarkan data UEFA, Zorya baru ikut ambil bagian lagi di kancah Eropa saat lolos ke babak play-off Liga Europa pada musim 2014-15 setelah finis di peringkat keempat Liga Ukraina.

Sayangnya, tim asuhan Yuriy Vernydub kalah dalam dua pertemuan kontra wakil Polandia, Legia Warszawa. Pun ketika upaya kedua mereka saat bertemu Feyenoord di babak penyisihan musim lalu harus berakhir dengan kegagalan.

Sebagai catatan, Zorya sebelumnya pernah merasakan atmosfer Liga Champions, yang dulu masih bernama Piala Champions, setelah menjadi juara Liga Uni Soviet pada 1972 silam.

Duel ini akan menjadi pertemuan perdana bagi Manchester United dan Zorya. Namun perlu dicatat, United memiliki rekor tak terkalahkan jika berhadapan kontra klub asal Ukraina, yakni empat menang dan dua imbang. Selama periode tersebut, tim Setan Merah juga telah memenangkan seluruh tiga pertandingan terakhir di Old Trafford.

BACA JUGA
Jadwal Siaran Langsung Bola 10-12 Desember 2016

Berikut fakta menarik lain jelang pertandingan Manchester United melawan Zorya Luhansk.

– Manchester United tak terkalahkan dalam 11 laga kandang di kancah Eropa, delapan menang dan tiga imbang, sejak tumbang 1-2 dari Real Madrid pada babak 16 besar Liga Champions pada Maret 2013.

– Manchester United hanya menang satu kali dalam enam pertandingan terakhir Liga Europa/Piala UEFA di Old Trafford, sisanya tiga kali imbang dan dua kali menelan kekalahan.

– Musim ini merupakan pertama kali Manchester United tampil di fase grup Liga Europa/Piala UEFA.

– Liga Europa/Piala UEFA merupakan satu-satunya trofi Eropa mayor yang belum pernah dimenangkan Manchester United.

– Musim ini juga menjadi debut Zorya di fase grup Liga Europa.

– Tujuh laga tandang terakhir Zorya di pentas Eropa berakhir dengan catatan empat menang, satu imbang dan dua kalah.

– Ini akan menjadi musim pertama lagi bagi Zlatan Ibrahimovic di kompetisi kasta kedua Eropa, sejak terakhir tampil bersama Ajax Amsterdam pada musim 2001-02.

– Wayne Rooney membutuhkan satu gol lagi untuk gabung bersama Ruud Van Nistelrooy sebagai top skorer sepanjang masa Manchester United di kompetisi UEFA, dengan catatan 37 gol.

– Jika dimainkan, David De Gea bisa membuat penampilan ke-50 di kompetisi UEFA.

(Sumber: UEFA)

Komentari Artikel Ini