Eduard Tjong Siap Kembali Besut Timnas U-19

Arsitek timnas untuk Piala AFF U-19 2016 menekankan pentingnya persiapan matang.

template-timnas-u-19

Sepakbola.com, Jakarta –¬†Pelatih Timnas U-19, Eduard Tjong menegaskan tidak mau larut dalam kesedihan pasca gagal membawa tim nasional Indonesia U-19 lolos ke fase selanjutnya pada Piala AFF U-19 2016 di Vietnam. Langkah Indonesia dipastikan terhenti setelah tiga kekalahan beruntun pada tiga partai awal Grup B.

Sebenarnya langkah Edu untuk membesut timnas U-19 cukup berani mengingat ia menerima amanah dengan persiapan selama dua bulan. Tentunya dengan dua bulan ini tidaklah mudah bagi pelatih yang hasilnya tentu saja Garud Muda jadi bulan-bulanan dan hanya meraih dua kemenangan dari Laos dan Kamboja.

Meskipun gagal, Edu menegaskan siap kembali membesut timnas U-19 untuk menjalani Piala AFF 2018 mendatang. Namun sekali lagi nasibnya sebagai pelatih timnas U-19, Edu menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI.

“Saya belum bisa ngomong soal itu, tapi kalau mereka (PSSI) masih percaya sama saya maka saya untuk negara mengapa menolak? Untuk negara saya siap,” jawabnya kepada media dilansir goal.

Namun sekali lagi dirinya meminta syarat bila nantiya terpilih kembali sebagai pelatih timnas U-19 yakni ia berharap dapat mempersiapkan timnas U-19 dengan persiapan yang lebih matang.

“Tentunya bila bicara sepakbola sudah harus dari usia muda. Semua tidak bisa instan, harus ada persiapan yang terencana,” tambahnya.

Lebih lanjut mengenai kegagalan ini dirinya juga tidak mau menjadikan persiapan yang minim sebagai alasan timnya gagal bersaing dari Thailand dan Australia.

“Sekali lagi saya tidak mau pakai alasan mepet, saya akan ambil risiko terkait hal ini. Karena dari awal kami datang dengan begini, saya bilang kepada anak-anak dengan waktu persiapan mepet tapi harga diri adalah segala-galanya. Jangan sampai ada kita jadi bahan bulan-bulanan buat tim lain,” tutupnya (sumber: goal)

Penulis: Aglar Ardha Raja/ Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini