FA Lakukan Investigasi Pada Bos Timnas Inggris, Masalah Apa?

Allardyce menandatangani kontrak dua tahun untuk menangani skuat the Three Lions pada 22 Juli 2016. (Sumber foto: BBC)

skandal allardyce

Sepakbola.com, London – Posisi Sam Allardyce sebagai pelatih timnas Inggris terancam lantaran Federasi Sepakbola Inggris (FA) akan melakukan penyeledikan terkait rekaman, yang menunjukkan mantan bos West Ham United tersebut melontarkan pernyataan kontroversial.

Pada rekaman tersebut Allardyce diketahui sedang bernegosiasi dengan perwakilan investor dari Asia, yang sebenarnya adalah wartawan Daily Telegraph yang sedang menyamar. Allardyce menjelaskan bagaimana menghindari peraturan kepemilikan pihak ketiga saat merekrut pemain di Inggris.

Bila Allardyce sukses menyelesaikan masalah pihak ketiga, dia akan mendapat 400 ribu Poundsterling (sekitar Rp6,7 miliar).

Allardyce diduga mengatakan tidak masalah melanggar aturan dan dia tahu agen yang bisa menyelesaikan masalah kepemilikan pihak ketiga. Sampai saat ini Allardyce belum merespons tuduhan tersebut.

Sebagai informasi, kepemilikan pihak ketiga berarti perusahaan pihak ketiga (investor) akan mendapat keuntungan secara ekonomi entah itu dari gaji pemain atau ketika transfer, mantan presiden UEFA, Michel Platini, juga pernah mengatakan ini merupakan perbudakan.

FA sudah melarang kepemilikan pihak ketiga sejak 2008 dan FIFA juga sudah melarangnya pada Mei tahun ini.

Pelatih yang akrab disapa Big Sam itu juga mengatakan Enner Valencia memiliki kesepakatan pihak ketiga ketika direkrut dari klub Meksiko, Pachua, pada 2014. Saat itu West Ham mendaratkannya dengan biaya 12 juta Poundsterling, namun status kepemilikan pihak ketiga berakhir saat transfer.

Tidak sampai di situ, pada rekaman tersebut Allardyce juga banyak mengeluarkan komentar kontroversial lainnya seperti membahas ketidakmampuan Roy Hodgson, tentang FA, renovasi Wembley bahkan sampai ke pangeran Harry. (Sumber: BT Sport)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Hart Sebenarnya Ingin Bertahan Di Manchester City, Tapi...