Gawat! Gara-Gara Ini, Camp Nou Terancam Ditutup UEFA

Saat menjamu Celtic, beberapa suporter Barcelona mengibarkan bendera Estelada, lambang pro-kemerdekaan Catalan. (Foto: Marca)

Bendera Estelada Barcelona

Sepakbola.com, Barcelona – Barcelona memang meraih hasil menakjubkan saat membantai Celtic tujuh gol tanpa balas di ajang Liga Champions, namun raksasa Catalan kini terancam kehilangan sebagian kapasitas stadion kebanggaannya, Camp Nou.

Kemenangan Blaugrana dibumbui dengan pelanggaran keras yang dilakukan suporter sendiri. Ya, sebagian pendukung Barcelona saat itu membawa bendera Estelada, yang merupakan lambang para separatis pro-kemerdekaan wilayah Catalan.

Akibat hal tersebut, UEFA bisa saja menghukum Barca dengan menutup bagian-bagian tertentu dari Stadion Camp Nou hingga berkurangnya jumlah penonton yang berdampak pada laba penjualan tiket.

Jika nantinya ada sanksi terkait ulah suporter saat lawan Celtic, maka ini akan menjadi hukuman keempat bagi Blaugrana terkait pengibaran bendera Estelada.

Dari setiap pelanggaran terbaru, hukuman yang akan dijatuhkan UEFA akan meningkat dan kini berpotensi hingga sanksi penutupan sebagian stadion.

UEFA sebenarnya telah mengimbau Barcelona terkait persoalan ini, dengan harapan raksasa Catalan tersebut bisa mengendalikan suporter sendiri.

Menurut UEFA pengibaran bendera pro-kemerdekaan suatu wilayah adalah demonstrasi politik sehingga menganggap tindakan tersebut sebagai bentuk pelanggaran. Mereka punya kuasa untuk mengambil tindakan retrospektif terhadap klub yang melanggar. (Sumber: Marca)

 

Penulis: Vincent Asido/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Tottenham 3-1 CSKA: The Lilywhites Amankan Tiket Liga Europa