GILA! 13 Klub Premier League Catat Rekor Transfer

Rekor transfer premier league

Sepakbola.com – Premier League terus menjadi liga yang paling banyak membuang uang sepanjang bursa transfer. Total belanja awal musim 2016-17 bahkan mencapai 1,1 miliar pound, dengan 13 klub memecahkan rekor pembelian masing-masing.

Berikut 13 klub Premier League yang sukses memecahkan rekor transfer klub

Manchester United: Paul Pogba (89,3 juta pound dari Juventus, Agustus 2016)
Pogba bukan hanya memecahkan rekor transfer klub, tapi juga menjadi pemain termahal dunia saat ini setelah tiga tahun terakhir menjadi milik Gareth Bale, yang direkrut oleh Real Madrid dari Tottenham dengan mahar 85 juta pound pada 2013 lalu.

Tottenham Hotspur: Moussa Sissoko (30 juta pound dari Newcastle, Agustus 2016)
Sissoko bergabung di menit-menit akhir sebelum penutupan bursa transfer pada 31 Agustus lalu. Gelandang berkebangsaan Perancis ini memang sangat ingin meninggalkan Newcastle United, yang pada musim lalu terdegradasi ke divisi Championship.

Leicester City: Islam Slimani (29 juta pound dari Sporting Lisbon, Agustus 2016)
Juara bertahan Premier League ini memecahkan rekor transfer klub sebanyak tiga kali di awal musim 2016-17. Pertama adalah ketika mereka memboyong Nampalys Mendy dari Nice seharga 13 juta pound, kemudian Ahmed Musa 16,6 juta pound dari CSKA Moscow. Dan di hari terakhir bursa transfer, Islam Slimani akhirnya menjadi pembelian termahal Leicester.

Crystal Palace: Christian Benteke (27 juta pound dari Liverpool, Agustus 2016)
Palace sempat memecahkan rekor transfer klub saat mendatangkan Andros Townsend dari Newcastle dengan mahar 13 juta pound pada 1 Juli lalu. Dan Benteke kini menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Palace, bahkan Liverpool bisa menerima biaya transfer hingga 32 juta lantaran masih ada klausul tambahan sebesar 5 juta pound.

BACA JUGA
[VIDEO] Sergio Ramos 'Master 90': Spesialis Cetak Gol Krusial Di Menit Akhir

West Ham United: Andre Ayew (20,5 juta pound dari Swansea City, Agustus 2016)
The Hammers sebenarnya memiliki kesempatan untuk memboyong Ayew dari Marseille dengan status bebas transfer pada tahun lalu, namun tak ada langkah pasti dari mereka. Dan memasuki musim 2016-17, klub asuhan Slaven Bilic ini memutuskan untuk memecahkan rekor transfer klub. Sial bagi West Ham, lantaran Ayew harus mengalami cedera paha dan bakal absen dalam berapa bulan ke depan.

Southampton: Sofiane Boufal (16 juta pound dari Lille, Agustus 2016)
Dengan penjualan Sadio Mane ke Liverpool dengan biaya 34 juta pound dan Graziano Pelle ke Tiongkok, maka Southampton memiliki dana segar untuk mendatangkan sejumlah penggawa muda berbakat, termasuk Sofiane Boufal, playmaker asal Maroko yang saat ini masih berusia 22.

Swansea City: Borja Baston (15,5 juta pound dari Atletico Madrid, Agustus 2016)
The Swans finis di peringkat ke delapan musim lalu, namun mereka hanya mampu membukukan 45 gol. Tim asuhan Francesco Guidolin inipun rela menjadikan Baston sebagai pemain termahal sepanjang sejarah klub, meski sebenarnya karier penyerang berkebangsaan Spanyol ini tak bersinar di Atletico. Namun saat dipinjamkan ke Eibar pada musim lalu, Baston sukses membukukan 18 gol di pentas La Liga.

Bournemouth: Jordon Ibe (15,3 juta pound dari Liverpool, Juli 2016)
Tenaga Ibe sudah tak dibutuhkan oleh Jurgen Klopp lagi, maka pada bursa transfer musim panas kemarin Liverpool melepasnya ke Bournemouth. Bagi Bournemouth, Ibe merupakan pemain paling mahal yang pernah dibeli oleh mereka.

Sunderland: Didier Ndong (13,6 juta pound dari Lorient, Agustus (2016)
Biaya transfer Ndong sebenarnya tak jauh berbeda dengan rekor pembelian sebelumnya yang terjadi pada 2010 lalu, yakni saat tim berjuluk The Black Cats ini merekrut Asamoah Gyan dari Rennes senilai 13 juta pound.

BACA JUGA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Fiorentina 2-1 Palermo: Gol Telat Babacar Amankan Tiga Poin Fiorentina

West Brom: Nacer Chadli (13 juta pound dari Tottenham, Agustus 2016)
WBA selalu saja lambat dalam aktivitas di bursa transfer, lantaran memang sudah kebiasaan sang manajer Tony Pulis. Mereka pun akhirnya mendapat tangkapan besar dengan kehadiran Nacer Chadli, yang tampil baik dalam 41 penampilan di semua kompetisi untuk The Spurs musim lalu.

Watford: Isaac Success (12,75 juta pound dari Granada, Juli 2016)
Penyerang 20 tahun ini disebut-sebut memiliki kondisi fisik yang mengagumkan. Success diharapkan bisa menjadi pelapis dari duet bomber Odion Ighalo dan Troy Deeney. Pemilik Watford, keluarga Pozzo, merupakan mantan pemilik klub Granada sampai Juni lalu. Tentu saja, mereka sangat mengetahui potensi yang dimiliki oleh Success.

Hull City: Ryan Mason (12,5 juta pound dari Tottenham, Agustus 2016)
Hull merampungkan proses kepindahan Mason beberapa jam sebelum penutupan bursa transfer. Sama halnya Chadli, Mason berpeluang besar tidak akan memiliki banyak kesempatan untuk menghuni lini tengah Tottenham menyusul kehadiran Victor Wanyama.

Burnley: Jeff Hendrick (10,5 juta pound dari Derby County, Agustus 2016)
Burnley dua kali memecahkan rekor transfer klub pada musim ini. Sebelumnya, tim promosi ini mengeluarkan 8 juta pound untuk mendatangkan Stevan Defour pada awal Agustus. Namun itu tak bertahan lama hinga akhirnya jelang penutupan bursa, tim berjuluk The Clarets berurusan dengan Derby untuk transfer Hendrick.[SBK]

Bagaimana dengan tujuh tim lainnya? Sejauh ini rekor pembelian termahal mereka masih terjaga.

Chelsea: Fernando Torres (50 juta pound dari Liverpool, Januari 2011)

Arsenal: Mesut Ozil (42,4 juta pound dari Real Madrid, Agustus 2013)

Liverpool: Andy Carroll (35 juta pound dari Newcastle, Januari 2011)

Everton: Romelu Lukaku (28 juta pound dari Chelsea, Juli 2014)

BACA JUGA
Wenger Sebut Bellerin Salah Satu Bek Kanan Terbaik Di Eropa, Tapi...

Stoke City: Giannelli Imbula, (18,3 juta pound dari Porto, Februari 2016)

Middlesbrough: Afonso Alves (12.8 juta pound dari SC Heerenveen, Januari 2008)

Penulis: Setyo BK
Editor: Rudi Purwantoro
Sumber: ESPN

Komentari Artikel Ini