Ini Perbedaan Bundesliga dan Serie A Versi Ancelotti

Ancelotti terkesima dengan atmosfir stadion Bundesliga yang selalu penuh. Beda dengan Italia yang selalu sepi. (Sumber foto: Bleacher Report)

Carlo Ancelotti, Bayern Munchen, AC Milan, Serie A

Sepakbola.com, Munich – Pelatih Bayern Munchen, Carlo Ancelotti mengatakan ada sejumlah perbedaan dan persamaan yang ia rasakan ketika melatih di pentas Bundesliga Jerman dan Serie A Italia.

Dalam sebuah interview bersama Radio Rai, pelatih yang akrab disapa Don Carlo itu mengungkapkan jika dirinya sangat terkesan dengan cara klub Jerman mengajak penggemarnya untuk menyaksikan pertandingan di stadion.

Hal tersebut sangat kontras dengan stadion Italia yang kerap kosong karena fans lebih senang menyaksikan pertandingan melalui layar televisi. Tak heran jika Bundesliga menjadi liga dengan rataan penonton terbanyak di Eropa dengan 43.501 penonton per musim.

“Di Bundesliga stadion selalu penuh. Borussia Dortmund memiliki rata-rata 81.000 penonton per tahunnya,” kata Ancelotti.

Selain itu Ancelotti juga terkesima dengan cara Bayern yang melibatkan mantan pemain untuk menjalankan klub. Hal tersebut tak pernah ia rasakan saat masih membesut AC Milan.

“Lingkungannya sangat bagus. Orang yang bekerja di sini mengabdi selama bertahun-tahun.”

Meski demikian, Ancelotti juga mengungkapkan ada persamaan antara Bundesliga dan Serie A yang ia rasakan.

“Jika membicarakan dari sudut pandang teknis, saya tidak melihat banyak kesulitan di Bundesliga. Sama seperti Serie A, di sini juga sangat sulit merekrut pemain top,” kata pelatih yang pernah mengarsiteki Real Madrid dan Chelsea itu.

Berdasarkan rilis UEFA pada 26 Agustus lalu, Bundesliga saat ini menempati peringkat kedua dalam daftar liga terbaik Eropa, sementara Seri A berada di urutan keempat. (Sumber: Football Italia)

Penulis: Rizky Kurniawan/Editor: Setyo Bagus

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
[VIDEO] Begini Sambutan Meriah Untuk Pahlawan Real Madrid Di El Clasico