Kalah di Pertandingan Perdana, Indonesia U-19 Siap Menangkan Empat Laga Sisa

Thailand, Australia, Laos, dan Kamboja sudah menunggu di sisa laga penyisihan Grup B.

u19

Sepakbola.com, Hanoi – Hasil mengecewakan harus ditempuh Timnas U-19 ketika menjalani laga perdana Piala AFF U-19 melawan Myanmar U-19 di Stadion Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, Senin (12/9). Garuda secara mengejutkan takluk dari Myanmar dengan skor 3-2.

Tim asuhan Eduard Tjong berhasil mencetak dua gol masing-masing melalui Pandi Lestaluhu dan Sandi Pratama. Sayang dua gol itu tak cukup membuat mereka menang karena sang lawan sukses mencetak tiga gol dalam laga ini.

Tentunya hasil kekalahan ini membuat perjuangan Pandi Lestaluhu dkk untuk lolos ke fase selanjutnya sedikit berat mengingat dua lawan lainnya, yakni Thailand berhasil meraih kemenangan tipis 2-1. Puncak klasemen dipegang Australia yang mengalahkan Kamboja 2-0.

 

Pandi Lestaluhu harus akui keunggulan Myanmar U-19 di laga perdana (foto: Pssi.org)
Pandi Lestaluhu harus akui keunggulan Myanmar U-19 di laga perdana (foto: Pssi.org)

“Meski kalah saya tetap puas. Banyak peluang di babak kedua. Apalagi kepercayaan diri, kecepatan, semangat bertarung sudah bagus. Saya apresiasi perjuangan para pemain,” ujar Eduard Tjong dilansir rilis yang diterima sepakbola.com.

Kekalahan dari Myanmar membuat Indonesia mau tidak mau harus menyabet kemenangan di empat laga tersisa guna lolos ke fase berikutnya. Thailand, Australia, Laos, dan Kamboja sudah menunggu di empat pertandingan sisa penyisihan Grup B.

“Masih ada empat laga, masih ada peluang. Kami harus lebih fokus. Selanjutnya kami akan menghadapi Thailand. Kami tahu mereka lawan yang berat, tapi kami pasti bisa. Kami akan koreksi pertahanan tim,” imbuh sang pelatih.

Sementara striker Sandi Pratama menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa memetik kemenangan di pertandingan perdana dan berharap bisa memperbaiki peforma di laga berikutnya.

“Kami sudah berjuang maksimal. Banyak peluang, namun kami gagal cetak gol. Kami akui masih ada banyak kelemahan yang harus diperbaiki. Semoga di laga mendatang kami menang terus demi jalan lolos ke babak selanjutnya,” tutur Sandi. (Sumber: PSSI)
Penulis: Aglar Ardha Raja/ Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini