Klopp Sudah Tahu Kapan Akan Pensiun Jadi Pelatih

Jurgen Klopp yang kini berusia 49 tahun berniat untuk pensiun sebagai pelatih sebelum berusia 60 tahun. (Sumber Foto: The Sun)

Jurgen Klopp Liverpool

Sepakbola.com, Liverpool – Manajer Liverpool Jurgen Klopp sudah berpikir tentang kehidupan setelah sepak bola dan menjelaskan bahwa ia berniat untuk pensiun sebelum berusia 60 tahun.

Manajer berusia 49 tahun itu memulai karier kepelatihannya di Mainz pada tahun 2001 dan lantas menikmati masa sukses dengan Borussia Dortmund sebelum mengambil alih Liverpool pada tahun 2015. Klopp mencintai kehidupannya di Anfield, tapi tidak bisa melihat dirinya tetap berkarier sebagai manajer selama lebih dari satu dekade lagi.

“Akan datang suatu hari di mana saya memutuskan bahwa semuanya sudah cukup. Saya akan mengatakan bahwa sangat, sangat tidak mungkin saya masih melatih di usia 60 tahun,” kata Klopp kepada RedaktionsNetzwerk Jerman.

“Saya pasti akan kembali ke Jerman untuk tinggal di sana, tapi saya tidak tahu apakah saya akan kembali ke Jerman sebagai pelatih. Saya tidak punya rencana untuk mengganggu seseorang yang tidak senang dengan kehadiran saya di akhir karier manajerial saya,” tambahnya.

“Tapi sekarang fokus saya adalah mengembangkan klub ini dan memastikan kami berada dalam posisi bisa meraih piala lagi. Segala sesuatu yang kami menangkan dalam perjalanan ke tahap itu adalah bonus tambahan. Itu rencana kami,” pungkas Klopp. (Sumber: Four Four Two)

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Dari Pada Beli Van Djik, Klopp Lebih Suka Beri Kesempatan Pada Bek Muda Liverpool?