Piala AFF 2018 Dipastikan Lebih Seru Karena Format Baru

Rencananya akan diikuti oleh 10 negara terbaik dan akan dibagi menjadi dua grup.

jadwal-piala-aff-2016-indonesia-akan-menghadapi-thailand-di-laga-pembuka

Sepakbola.com, Kuala Lumpur – Turnamen sepakbola antar negara Asia Tenggara, atau lebih dikenal dengan Piala AFF Suzuki. Rencananya, format baru akan digunakan mulai 2018 mendatang.

Bila sebelumnya pertandingan fase grup digelar oleh tuan rumah yang sudah ditentukan. Namun pada format baru ini, tidak ada lagi negara yang menjadi tuan rumah dan pertandingan fase grup digelar di masing-masing negara peserta. Namun format baru ini belum diresmikan oleh AFF (Federasi Sepak Bola Asean).

“Kami belum mengambil keputusan final,” kata Sekretaris Jenderal AFF Azzuddin Ahmad dilansir Strait Times.

Dalam format baru ini akan diikuti 10 negara di mana sembilan negara dengan peringkat FIFA paling tinggi akan langsung lolos ke turnamen. Sementara negara ke-10 dan 11 harus melewati babak kualifikasi yang berlangsung dalam dua pertemuan.

10 tim terbaik nantinya dibagi menjadi dua grup, dan akan bertarung dalam format kandang-tandang namun menganut sistem setengah kompetisi. Setiap negara akan bermain sebanyak empat pertandingan dengan masing-masing dua di kandang sendiri dan dua di markas lawan.

Selanjutnya dua tim terbaik di fase grup melenggang ke semifinal yang akan diundi kembali oleh penyelenggara. Partai semifinal dan final juga akan digelar dalam dua leg.

Menurut panitia AFF, perubahan ini perlu dilakukan karena format saat ini dinilai tidak efektif dalam menarik penonton dalam jumlah besar. Pertandingan-pertandingan yang tidak melibatkan tim tuan rumah pun biasanya sepi penonton. (Sumber: straitimes)

Penulis: Aglar Ardha Raja/ Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Bukan Di GBK, Tiket Final Piala AFF 2016 Dijual Di Dua Lokasi Markas TNI