Presiden FIGC Ingin Serie A Kembali Disusutkan Menjadi 18 Tim, Apa Tujuannya?

Carlo Tavecchio menyusutkan jumlah peserta liga untuk memperketat kompetisi dan menciptakan basis penggemar yang lebih kuat. (Sumber Foto: fox sports)

Carlo Tavecchio Serie A

Sepakbola.com, Roma – Presiden FIGC Carlo Tavecchio telah mengungkapkan bahwa Serie A dapat dikurangi dari 20 tim menjadi 18 tim dalam waktu dekat dalam upaya untuk menjadi kannya lebih kompetitif.

Juventus adalah juara bertahan saat ini dan tengah mengejar gelar liga keenam mereka secara berturut-turut. Hal itu yang mendasari keinginan Tavecchio untuk menyusutkan jumlah peserta liga. Ia juga ingin menciptakan basis penggemar yang lebih besar dengan perubahan ini.

Berbicara kepada Rai Radio, sosok berusia 73 tahun itu mengaku biaya keuangan untuk melakukan perubahan ini akan membuatnya tidak mungkin untuk dilaksanakan dengan segera, tapi ia akan berusaha membahas rencana ini demi bisa dilaksanan dalam tiga atau empat tahun ke depan.

Tavecchio juga akan mengurangi jumlah tim yang bersaing di Serie B dan divisi tiga Italia. Kompetisi Serie A Italia sesungguhnya baru diperluas menjadi 20 tim pada tahun 2004, dan karena itu hanya tiga tim yang pernah memenangkan Scudetto sejak saat itu.

Inter mengklaim lima gelar pertama, dilanjutkan oleh AC Milan pada musim 2010/11 sebelum dominasi Juventus dimulai. (Sumber: Forza Italian Football)

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
[VIDEO] CUPILKAN GOL Barcelona 4-0 Gladbach: Hattrick Arda Turan Sempurnakan Langkah Barca