[REVIEW] AFF U-19 Laos 1-3 Indonesia: Kemenangan Perdana Garuda Muda!

Dengan kemenangan ini, tim asuhan Eduward Tjong naik ke posisi kelima klasemen sementara.

template-timnas-u-19

Sepakbola.com, Hanoi – Indonesia U-19 akhirnya memetik kemenangan perdana pada turnamen Piala AFF U-19 usai menaklukkan Laos dengan skor 3-1 di Vietnam Youth Training Centre, Hanoi (18/09). Pandi Lestaluhu, Saddil Ramdani dan M. Rafli jadi bintang dengan mencetak masing-masing satu gol

Dengan kemenangan ini Indonesia keluar dari posisi juru kunci dan naik ke posisi lima klasemen sementara karena mendapatkan tiga poin dari kemenangan ini. Selanjutnya di laga terakhir Garuda Muda akan bertemu Kamboja.

Babak Pertama:

Garuda muda langsung menekan ketika wasit membunyikan peluit tanda pertandingan dimulai. Salah satu peluang melalui Pandi Lestaluhu, berawal dari penetrasinya ke area pertahanan lawan akan tetapi penyelesaian yang dilakukan masih buruk di mana tendangan kerasnya dari sebelah kanan masih melambung tinggi.

Laos berusaha membalas empat menit berselang melalui top skorer sementara tim, Maitee. Namun, skema tendangan bebas yang dilakukan mengarah tipis di samping gawang Awan Setho.

Indonesia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-19 melalui Pandi Lestaluhu. Menerima umpan Saddil Ramdani, penyerang PS TNI tidak menyia-nyiakan peluang. Dengan sekali menahan bola, striker bernomor punggung 11 ini sukses memasukkan bola ke gawang Laos.

Namun keunggulan Indonesia tidak berlangsung lama, Laos bisa menyamakan kedudukan empat menit kemudian. Vanna Bounlovongsa membuat skor imbang 1-1 usai sukses mengkonversi sepak pojok.

Indonesia kembali unggul 2-1 atas Laos pada menit ke 42, di mana gol Indonesia dicetak oleh Saddil Ramdani pada menit 42. Umpan lambung pemain Indonesia melewati beberapa pemain Laos.

Bola jatuh tepat di kaki Saddil yang melewati satu bek Laos. Saddil lalu melancarkan tendangan keras yang tidak mampu diantisipasi oleh Saymanolinh. Skor 2-1 bertahan hingga babak pertama usai.

BACA JUGA
Terungkap! Bukan Ronaldo Atau Messi, Ini Pemain Dengan Bayaran Termahal Sejagat, Mau Tahu?

Babak Kedua:

Indonesia coba berusaha keras untuk menambah keunggulan, mereka mendapatkan peluang melalui Pandi namun tendangannya melebar.

Di pertengahan babak kedua, Indonesia mendapatkan dua kali kesempatan untuk mencetak gol di mana tendangan bebas Bagas masih membentur tiang.

Sementara itu Alwi Slamat gagal memanfaatkan peluang emas di depan mata ketika tendangannya, yang memanfaatkan halauan kurang sempurna dari pemain belakang Laos, masih melebar.

Lagi-lagi Alwi Slamat mendapatkan peluang pada menit ke-75. Lolos jebakan offside, pemain Semen Padang kurang tenang dalam mengeksekusi peluang dan membuat tendangannya melenceng.

Indonesia kemudian mendapatkan peluang melalui Rafli. Berhasil melewati satu pemain Laos, namun tendanganya masih bisa ditepis kiper Laos.

Akhirnya kesempatan kedua Rafli tidak disia-siakan olehnya, lolos dari offside pemain bernomor 10 ini berhasil mengecoh kiper Saymanolinh sebelum mencetak gol ketiga bagi Indonesia. Gol dari Rafli sendiri menutup pertandingan di babak kedua dengan skor 3-1.

Susunan Pemain

Indonesia: 1- Awan Setho; 6- Jujun Saepulloh, 3- Arizky Wahyu, 4- Andi Setyo Nugroho; 11- Pandi Ahmad Lestaluhu, 13- Satria Wardana, 14- Asnawi Mangkualam, 8- M Alwi Slamat, 7- Dimas Drajad, 9- Saddil Ramdani, 25- Edo Febrianah

Laos: 35- Saymanolinh Praseuth; 6-Khampanh Sonthanalay, 2- Santi Somphouheth, 21- Bounphitak Chanthalangsy, 4- Piyaphong Phatammavong, 23- Lathasay Lounlasy, 20- Vanna Bounlovongsa, 29- Vaithaya Sisongkram, 3- Maitee, 10- Sithagnong Phanvongsa

Penulis: Aglar Ardha Raja/ Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini