[REVIEW] Indonesia 3-0 Malaysia: Debut Meyakinkan Skuat Garuda!

Indonesia langsung meraih kemenangan telak pada laga perdana setelah vakum selama setahun karena sanksi FIFA (Sepakbola.com)

Indonesia vs Malaysia-sepakbolacom

Sepakbola.com, Solo – Indonesia menjalani laga internasional perdananya melawan Malaysia di Stadion Manahan Solo, Selasa (6/9) dengan skor yang meyakinkan. Skor 3-0 Skuat Garuda yang dicetak pada babak pertama sudah cukup membuat mereka meraih kemenangan. Tiga gol didapat dari brace Boaz Salossa dan satu gol dari Irfan Bachdim.

Laga ini sekaligus ajang ujicoba skuat Garuda sebagai persiapan Timnas Indonesia yang bakal berlaga di AFF Cup 2016 pada tanggal 19 November hingga 17 Desember mendatang. Indonesia berada di Grup A bersama tuan rumah Filipina, Thailand, dan Singapura.

Babak Pertama:

Kedua kesebelasan masih meraba-raba di awal-awal pertandingan. Harimau Malaya di awal babak pertama bermain sedikit keras, di mana Andik terpelanting setelah menerima tekel keras dari pemain Malaysia.

Dalam laga ini justru Malaysia coba mengancam Indonesia melalui tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh Baddrol pada menit kelima. Usaha sang gelandang masih menyamping di sisi kiri gawang.

Skuat Garuda membuka skor pada menit ketujuh lewat kaki Boaz. Memanfaatkan kesalahan, striker Persipura ini mengirim tembakan kencang ke sisi kanan gawang. Indonesia unggul 1-0 sementara.

Tak butuh lama, skuat asuhan Alfred Riedl menambah keunggulan pada menit ke 11 kali ini melalui Irfan Bachdim. Kembali memanfaatkan kesalahan lawan yang dimana bola berhasil dicuri Irfan, langsung memberikan umpan kepada Boaz.

Dengan cerdik Boaz memberikan kembali bola melalui umpan terobosan kepada striker Sapporo itu dan mampu diselesaikan dengan sempurna dengan mengirim tembakan kencang ke sisi kiri gawang Fahmi. 2-0 Indonesia memimpin.

Tertinggal 2-0, tim asuhan Ong Kim Swee coba mengancam. Mereka nyaris saja memperkecil skor pada menit ke-16. Beruntung tendangan bebas yang dilepaskan sang gelandang masih melebar ke sisi kiri gawang.

BACA JUGA
Bikin Merinding, Ini Kata Irfan Bachdim Soal Lolosnya Indonesia ke Final Piala AFF 2016

Boaz melanjutkan kegemilangannya di pertandingan ini ketika mencetak brace alias sepasang gol pada menit ke-21. Penyerang Persipura Jayapura itu melepaskan tendangan kencang dari jarak dekat. Fahmi hanya bisa pasrah melihat bola menerjang jalanya.

Setelah unggul 3-0, Indonesia menurunkan tempo. Hal itu coba dimanfaatkan Malaysia untuk mengejar ketinggalan. Namun Andritany berhasil menggagalkan peluang Malaysia. Kiper Persija Jakarta itu meregangkan tubuhnya untuk menangkap bola hasil tandukan Fadhli Sas.

Di sisa waktu yang ada Indonesia mampu menahan keunggulannya 3-0 hingga babak pertama usai.

Babak Kedua:

Indonesia langsung menekan di babak kedua melalui Irfan Bachdim pada menit ke-48. Sayang, tembakan kencang bomber berdarah Indonesia-Belanda itu masih menghantam tiang gawang.

Pada menit ke-55, Indonesia berpeluang menambah derita Malaysia. Sayang, sepakan bebas Irfan masih bisa diantisipasi oleh Fahmi.

Malaysia meraih sepak pojok pada menit 72, Baddrol mengirim bola ke kotak penalti namun Ronny gagal melepaskan tandukan dengan sempurna. Bola melambung menjauhi gawang Andritany.

Di sisa pertandingan babak kedua Malaysia mampu mendominasi penguasaan bola namun Fadhli Sas cs, sementara Indonesia sepertinya kehilangan stamina. Namun mereka berhasil menjaga keunggulan 3-0 hingga babak kedua berakhir.

Susunan Pemain:

Indonesia (4-2-3-1): Andritany, Benny Wahyudi (Indra Kahfi 84′), Yanto Basna (Dedi Gusmawan 73′), Fachruddin, Abdul Rahman (Abduh Lestaluhu 64′), Bayu Pradana, Evan Dimas, Andik Vermansyah, Boaz Salossa (Lerby Eliandry 46′), Zulham Zamrun (Irsyad Maulana 46′), Irfan Bachdim (Ichsan Kurniawan 71′).

Malaysia (4-1-2-3): Khairul Fahmi Che Mat, M. Davies, Ronny, Fadhli (Shahrul bin Mohd Saad 58′), Azrif, Brenda Gan Seng Ling, Baddrol Bakhtiar, Irfan Fazail, Amri Yahyah (Muhammad Fakhrul Aiman 77′), Wn Zack Haikal, Safawi Rasid (Zaquan Adha 58′)

BACA JUGA
[VIDEO] Piala AFF 2016 Vietnam 2-2 Indonesia (agg 3-4 ET): Selamat, Skuat Garuda Masuk Final!

Penulis: Aglar Ardha Raja/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini