(REVIEW) ISC A 2016 PSM 1-1 Perseru: Gol Arthur Bonai Paksa Hasil Imbang

PSM harus kehilangan striker andalannya, Luiz Ricardo, sehingga daya gedor mereka berkurang (foto: Indonesiansc.com)

Luis Ricardo Lino Dos Santos, striker anyar PSM ( Foto: Indonesiansc.com)

Sepakbola.com, Makassar – PSM Makassar gagal melanjutkan tren positif pada lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016, usai ditahan imbang 1-1 oleh Perseru Serui di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (16/9). Sempat unggul di babak pertama, skuat Juku Eja harus puas hanya dapat satu poin.

Babak Pertama

PSM langsung menekan pertahanan Perseru melalui tridente mautnya, yakni Luiz Ricardo, M. Rahmat, dan Ferdinand Sinaga. Sebelumnya di menit ke-3, tendangan bebas Wiljan Pluim, nyaris saja merobek gawang Perseru Serui. Tapi kiper dengan sigap menepisnya keluar lapangan.

PSM akhirnya unggul pada menit ketujuh dimana gol dicetak oleh striker asing PSM, Luiz Ricardo. Berawal dari umpan lambung M Rahmat dari sisi kanan kemudian Luiz yang berdiri di sisi jauh tiang gawang berhasil mencetak gol melalui kepala.

Usai cetak gol ke gawang Perseru Serui, Ricardo ditarik dan digantikan oleh Ridwan Tawainela pada menit ke-16 babak pertama. Ia mengalami cedera pada kaki kananya setelah dilanggar dengan keras oleh Boman. Hal ini cukup mempengaruhi daya serang Juku Eja.

Memang beberapa kali mereka dapat menekan pertahanan Perseru melalui M. Rahmat, namun pemain bernomor 11 kurang dingin dalam penyelesaian akhir. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

PSM langsung mendapatkan peluang untuk mencetak gol di awal babak kedua melalui titik penalti. Sayang Wiljan Pluim gagal mengeksekusi bola pinalti pada menit ke-46. Bola sepakannya yang mengarah ke tiang kanan berhasil ditepis oleh penjaga gawang Perseru Serui, M Choirun Nasirin.

Usai PSM gagal menambah pundi-pundi gol, Perseru melakukan serangan balik dan berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melalui sepakan Arthur Bonai pada menit ke-50.

Arthur mencetak gol setelah memanfaatkan kelalaian pemain belakang PSM Makassar. Arthur yang tak terjaga dengan baik, bisa melewati dua pemain PSM Makassar untuk merobek gawang Syaiful.

Setelah gol ini jual beli serangan pun kerap terjadi. Kedua tim memang kerap terlibat pertarungan keras di lini tengah dan membuahkan sejumlah kartu kuning.

Mengandalkan Ferdinand Sinaga, permainan PSM kerap mampu dipatahkan lini belakang Perseru yang sulit ditembus kubu tuan rumah. Skor imbang 1-1 tidak berubah hingga wasit Dwi Purba Adi Wicaksana meniup pluit tanda pertandingan usai.

Susunan pemain

PSM Makassar: Syaiful (GK), Ardan Aras, Hendra Wijaya, Wasyiat Hasbullah, Ronald Hikspoors, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Williem Jan Pluim, Muhammad Rahmat, Ferdinand Alfred Sinaga, Luis Ricardo Lino Dos Santos (Ridwan Tawainella 17′).

Perseru Serui: M.Choirun Nasirin; Yesaya Desnam, Septinus Alua, Ronaldo Meosido, Boman Bi Irie Aime, Mari Siswanto, Boas Artururi (Jhon Alex Wayoi 36′), Arthur Barrios Bonai, Yoksan Ama, Gakou Amadou, Paulus Hisage

Penulis: Aglar Ardha Raja/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini