Selamat Ulang Tahun Francesco Totti Sang Pangeran Roma!

Kisah perjalanan karier Il Capitano bisa disejajarkan dengan cerita Gladiator yang tersohor ke seluruh dunia.

totti-birthday

Sepakbola.com – Bagaimana saya akan dikenang bukan saya yang tentukan, itu terserah mereka. Respek sudah cukup bagi saya, itu hal terpenting dalam karier seorang pemain sepak bola.

Itulah salah satu kutipan yang pernah keluar dari mulut Francesco Totti, kapten AS Roma yang hari ini 27 September 2016 merayakan ulang tahun ke-40. Il Capitano telah bermetamorfosis dari seorang pemain sepak bola jadi sebuah cerita rakyat Roma yang mendunia. Kisahnya telah menyaingi Gladiator yang tersohor.

Salah satu episode penting dalam karier Totti adalah hubungan uniknya dengan kota Roma, yang membuat sejumlah klub terbaik dunia gigit jari saat ingin merekrutnya, bahkan dengan iming-iming gaji lebih besar dari yang ia terima di Giallorossi.

Berbicara tentang materi, Totti memang memilih memarginalkan diri dari kumpulan nama besar lain. Berkarier di era sepak bola modern yang telah menjadi industri, kebanyakan pemain top tak sanggup membendung hegemoni ‘uang bicara’.

“Pesepak bola saat ini seperti nomaden. Mereka mengikuti uang dan bukan hati mereka. Mungkin itu perbedaan antara saya dengan yang lain,” kata Totti dalam sebuah wawancara dengan Gazzetta World, Juli lalu.

“Tak banyak olahragawan yang mengikuti hati mereka. Jika saya hanya memikirkan uang, saya sudah meninggalkan Roma 10 tahun lalu. Bagi saya ini tentang hasrat, bukan uang. Saya selalu mencintai warna-warna itu dan selalu ingin memakai seragam (Roma) ini.”

Totti dan Roma memang tak bisa dipisahkan. Di usia yang ke-40 tahun, suami model ternama Italia, Ilary Blasi ini menyandang dua rekor penting. Pertama sebagai pemain paling banyak membela Roma, yaitu 763 kali atau selisih 236 pertandingan dengan peringkat kedua Daniele De Rossi. Kedua sebagai pencetak gol terbanyak Roma di angka 306, unggul 170 gol dari pesaing terdekatnya, Roberto Pruzzo.

BACA JUGA
Manajer Chelsea Sesalkan Kepergian Bintang City Ini Dari Stamford Bridge

Totti juga menyandang predikat pemain yang masih aktif dengan penampilan terbanyak di Serie A, yaitu 604 kali, selisih 10 dari Gianluigi Buffon di bawahnya. Belum cukup, Totti juga pemain aktif tersubur di Serie A dengan 250 gol. Hanya ada dua nama yang masih aktif dalam daftar 30 besar top skorer sepanjang masa Serie A, Totti dan Alberto Gilardino (188 gol).

Selamat ulang tahun pangeran Roma, buon compleanno il principe di Roma. [van]

Komentari Artikel Ini