Semua Gelandang Liverpool ‘Free Role’, Tapi Syarat dan Ketentuan Berlaku

Meski kerap tampil tanpa striker murni, Liverpool sudah mencetak 24 gol dari delapan laga di semua kompetisi musim ini. (Foto: Getty Images)

lfc-getty

Sepakbola.com, Liverpool – Permainan taktis Liverpool bentukan Jurgen Klopp semakin kental dan menghiasi awal mengesankan The Reds musim ini. Instruksi free role bagi para gelandang, punya peran penting dalam terbentuknya performa cantik Si Merah.

Dari enam pertandingan Premier League sejauh ini, Liverpool sukses mengemas empat kemenangan, dua di antaranya atas Arsenal dan Chelsea di London, plus juara bertahan Leicester City.

Tim Merseyside Merah juga telah mencetak 16 gol, atau rata-rata 2,6 gol per laga. Jika diakumulasi dari semua kompetisi, The Anfield Gank sudah mencetak 24 gol dari delapan pertandingan. Cairnya permainan Liverpool juga membuat pencetak gol terbagi rata mulai dari pemain tengah hingga depan.

Georginio Wijnaldum merupakan satu dari tiga gelandang andalan di lini sentral sejak awal musim bersama Jordan Henderson dan Adam Lallana. Ketiganya menjadi satu unit baik saat menyerang maupun bertahan.

Gelandang tim nasional Belanda itu pun mengungkapkan bagaimana Klopp menginstruksikan para pemain hingga tercipta pola permainan cepat nan taktis.

“Dia tak terlalu banyak memberi tugas untuk para pemain. Dia bilang ke saya agar main bebas dan bermain sesuai gaya saya. Tapi kadang berbeda,” kata Wijnaldum dilansir web site resmi Liverpool.

“Itu tergantung dari apa yang pemain lain lakukan. Anda harus melihat pemain lain. Contoh, jika Lallana dan Henderson maju, saya harus bertahan.”

Wijnaldum menambahkan, ketika masih di Newcastle ia benar-benar diberi kebebasan tapi kini dituntut harus jeli melihat pergerakan rekan setim.

“Itu hal yang paling mengubah cara saya bermain sepak bola, bahwa saya harus melihat pemain-pemain lain,” imbuh pemain berusia 25 tahun tersebut.

BACA JUGA
PREDIKSI Real Madrid vs Borussia Dortmund: Duel Sengit Penentu Juara Grup

Selanjutnya Liverpool akan menantang Swansea City di Stadion Liberty, pada matchday ke-7 Premier League, Sabtu (1/10) petang WIB. (Sumber: Liverpoolfc.com)

Komentari Artikel Ini