Timnas Indonesia Siapkan Dua Formasi Saat Bertemu Malaysia

Pelatih Alfred Riedl punya dua opsi formasi saat lawan Malaysia, yaitu 4-4-2 dan 4-3-2-1. (Foto: PSSI.org)

timnas Indonsia

Sepakbola.com, Solo – Asisten pelatih timnas Indonesia, Hans Peter Schaller, menegaskan skuat Garuda tidak akan menggunakan satu formasi saja saat bertemu Malaysia dalam laga uji coba yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9) malam.

Tim pelatih menyiapkan dua formasi untuk Andik Vermansyah dkk, salah satunya akan jadi formasi baku timnas Indonesia di AFF Cup 2016 pada 19 November hingga 17 Desember mendatang. Dua formasi yakng dimaksud yakni 4-4-2 atau 4-3-2-1.

Akan tetapi formasi tersebut tergantung siapa pemain yang diturunkan, apalagi menurut pria asal Austria itu formasi hanyalah sistem.

“Formasi- formasi itu hanya bisa Anda lihat ketika awal pertandingan. Setelah itu mereka bergerak, kemungkinan besar kami akan menggunakan formasi 4-4-2. Kami mencoba tidak bergantung pada satu orang pemain. Fokus kami menyiapkan tim yang kuat bukan memunculkan satu nama pemain,” jelas Schaler.

Target lain yang dicari saat lawan Malaysia yakni menemukan komposisi pemain yang tepat, terlebih saat ini Indonesia banyak diisi pemain muda.

“Kami bukan hanya sekedar tampil menyerang di laga nanti, tetapi juga menemukan keseimbangan yang tepat ketika bermain. Tantangan ini bukan hanya untuk pelatih, tetapi juga para pemain. Yang jelas Timnas siap tempur melawan Malaysia,” tambahnya.

Untuk tanggung jawab kapten, Indonesia akan memilih Boaz Salossa dengan alasan pemain senior di dalam tim.

“Kami percaya, dia mampu menjadi leader untuk tim. Kami tim pelatih percaya dengan kualitas dan kapasitas Boaz untuk memimpin tim ini,” tukasnya.
Penulis: Aglar Ardha Raja
Editor: Avandi Wiradinata
Sumber: PSSI.org

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Kehilangan Satu Pemain, Vietnam Tetap Pede Curi Poin Di Indonesia