Timnas U-19 Tak Gentar Meskipun Tergabung Grup Berat Di Piala AFF U-19

Timnas U-19 siap berjuang keras di ajang Piala AFF U-19. (Foto: twitter PSSI)

Polemik pemanggilan pemain timnas Indonesia

Sepakbola.com, Jakarta – Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi lawan-lawan berat di ajang Piala AFF U-19. Tergabung di Grup B, Garuda Muda akan bersaing dengan Australia, Thailand, Myanmar, Kamboja, dan Laos untuk merebutkan dua tiket ke semifinal.

Pelatih Timnas U-19 Eduard Tjong menegaskan timnya siap menghadapi turnamen yang akan berlangsung di Vietnam ini. Meskipun diakuinya beberapa kekurangan masih dimiliki Dimas Drajad dkk terlebih persiapan turnamen ini bisa dibilang sangat minim.

“Sekali lagi tidak ada soal persiapan lagi karena sudah mau bertanding. Mungkin kita kalah soal jam terbang, tapi yang pasti kalau kita berjuang tidak ada yang tidak mungkin,” ujar Eduard Tjong kepada awak media pada acara pelepasan di Hotel Ibis Styles, Tangerang, Jumat (9/9).

Meskipun timnya masih memiliki banyak kekurangang yang salah satunya minimnya jam terbang mereka di level internasional. Patut diketahui Timnas U-19 hanya melakukan uji coba internasional sekali dengan melawan Filipina. Namun Edu mengatakan timnya siap tempur dan berjuang memberikan terbaik bagi Indonesia.

“Kekurangan kami memang soal kerja sama, namun kita berusaha untuk meningkatkannya. Selain itu kebanyakan mereka memang baru bermain di level internasional sehingga permainan mereka labil, kadang bermain bagus tapi di pertandingan selanjutnya menurun, jadi kami harus cerewet soal mental bertanding,” tambahnya.

“Tapi sekali lagi saya tegaskan satu, kita ini bangsa besar, kita punya harga diri, di sana kita tampil tidak boleh dipermainkan sama orang-orang,” tutupnya.

Sementara itu secara terpisah ketua pelaksana tugas Hinca Pandjaitan tidak lupa memberikan wejangan agar timnas Indonesia U-19 bisa tampil baik di turnamen ini.

“Kita pernah punya U-19 yang mengagumkan kita, yang kemarin satu di antaranya Evan Dimas. Karena itu, mari buktikan kepada seluruh elemen Indonesia agar bisa mengharumkan nama bangsa melalui sepakbola,” timpalnya.

Berikut ini jadwal lengkap Piala AFF U-19 2016 yang melibatkan Timnas Indonesia U-19:

Grup B

12 September 2016: Myanmar vs Indonesia (Jam 16.00 WIB, Vietnam YFTC) Live RCTI

14 September 2016: Indonesia vs Thailand (Jam 19.00 WIB, Stadion Hang Day) Live RCTI

16 September 2016: Indonesia vs Australia (Jam 15.30 WIB, Vietnam YFTC) Live RCTI

18 September 2016: Laos vs Indonesia (Jam 16.00 WIB, Vietnam YFTC) Live RCTI

20 September 2016: Indonesia vs Kamboja (Jam 19.00 WIB, Vietnam YFTC) Live RCTI

 

Penulis: Aglar Ardharaja Purwoko/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini