[VIDEO] 5 Gol Terbaik Derby Manchester

Manchester United dan Manchester City akan melakoni pertandingan derby ke-39 di kancah Premier League. (Sumber Foto: 101 Great Goals)

gol terbaik derby Manchester

Sepakbola.com, Manchester – Jelang derby Manchester di Old Trafford, Sabtu (10/9) malam WIB, redaksi Sepakbola.com memilih lima gol terbaik yang pernah tercipta dalam pertarungan Manchester United dan Manchester City di kancah Premier League.

Secara keseluruhan, kedua klub besar asal kota Manchester ini telah bertarung sebanyak 170 kali di ajang kompetitif, dengan United mengoleksi 71 kemenangan dan City menang 49 kali.

Ketika era Premier League dimulai pada tahun 1992, keduanya sudah saling berjibaku di 38 pertemuan, dengan 20 kemenangan milik United dan 11 untuk City.

Namun demikian, pertarungan sengit antar rival sekota ini baru mulai memanas ketika memasuki musim 2000-01, seiring kembalinya City ke kasta tertinggi Liga Inggris dan mendadak menjadi klub kaya pasca dibeli mantan perdana menteri Thailand, Thaksin Shinawatra pada 2007, kemudian menjadi salah satu klub terkaya di dunia setelah menjadi milik Abu Dhabi United Group pada 2008.

Selama periode 2000an, tercipta pula serangkaian gol-gol indah yang tercipta pada pertarungan Manchester United kontra Manchester City. Sepakbola.com merangkumnya dalam lima gol terbaik di laga derby Manchester.

David Beckham (Manchester City 0-1 Manchester United, 2000)

City akhirnya kembali ke Premier League pada musim 2000-01 setelah sebelumnya absen selama empat tahun. Pertarungan derby pertama di musim tersebut terjadi di Maine Road pada November 2000.

David Beckham mencatatkan diri sebagai satu-satunya pencetak gol di laga tersebut melalui tendangan bebas. Hebatnya lagi, gol tersebut tercipta saat laga baru berjalan dua menit. Sisanya, pertarungan kedua klub berlangsung sangat sengit.

Sergio Aguero (Manchester United 1-2 Manchester City, 2013)

Baru masuk tujuh menit dari bangku cadangan untuk menggantikan Samir Nasri, penyerang internasional Argentina itu akhirnya menjadi penentu kemenangan The Citizens untuk membukukan gol di menit ke-78 dengan aksi solo run menawan.

BACA JUGA
Kalah Dari Chelsea, Guardiola Tak Kecil Hati, Masa?

Sayangnya, di musim 2012-13, United keluar sebagai juara Premier League.

Michael Owen (Manchester United 4-3 Manchester City, 2009)

Saat laga sepertinya berakhirnya imbang 3-3 setelah penyerang Manchester City, Craig Bellamy, menyamakan keadaan di menit 90, Owen secara heroik tampil sebagai pahlawan kemenangan United.

Craig Bellamy (Manchester United 4-3 Manchester City, 2009)

Inilah momen saat Bellamy menyamakan kedudukan menjadi 3-3 di menit ke-90. Namun itu menjadi sia-sia, lantaran Owen berhasil membawa United berbalik unggul, beberapa saat sebelum laga bubar.

Wayne Rooney (Manchester United 2-1 Manchester City, 2011)

Dan inilah gol yang bisa dibilang sebagai torehan tak terlupakan sepanjang sejarah derby Manchester. Wayne Rooney menjadi penentu kemenangan United dengan sepakan indah menggunting.

Pertarungan dalam keadaan imbang 1-1, dengan waktu hanya menyisakan 12 menit, Nani melepaskan umpan silang yang langsung disambut dengan tendangan akrobatik. (Sumber: 101 Great Goals/90 Min)

Komentari Artikel Ini