Eks Pelatih Madrid Sebut Guardiola Lebih Baik Jadi Marketing

Vanderlei Luxemburgo menganggap rentetan trofi Guardiola di Barcelona bukan sesuatu yang spesial. (

Foto: ESPNFC

Sepakbola.com, Brasilia – Mantan pelatih Real Madrid, Vanderlei Luxemburgo punya penilaian unik terhadap pelatih yang memenangkan banyak gelar bersama Barcelona, Pep Guardiola.

Pelatih Los Blancos selama periode 2005-2006 tersebut membandingkan Guardiola dan Carlo Ancelotti, yang dianggap sebagai dua pelatih ternama Eropa dengan segudang prestasi.

Jika Ancelotti diangggapnya pelatih terbaik di dunia, baginya Guardiola lebih baik bekerja sebagai marketing ketimbang pelatih sepak bola. Luxemburgo menganggap rentetan trofi Pep bersama Blaugrana bukan sesuatu yang spesial.

“Pep Guardiola lebih baik di pemasaran daripada (jadi) pelatih. Dia memenangkan banyak gelar di Barcelona, tapi begitu juga Luis Enrique,” kata Luxemburgo pada Fox Sports.

Dengan fakta Pep tidak dapat meniru keberhasilan Jupp Heynckes di Bayern Munich, Luxemburgo percaya bahwa ini menjadi bukti bahwa kemampuan Guardiola hanya dibesar-besarkan saja.

Lebih lanjut Luxemburg yang pernah melatih timnas Brasil selama periode 1998-2000 ini juga berharap, Ancelotti mampu membangun pondasi dan bekerja lebih baik dari apa yang dilakukan Guardiola bersama The Bavarians. (Sumber: Marca)

Penulis: Vincent Asido/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Real Madrid Bisa Lewati Rekor Barcelona Jika Raih Trofi Ini