Guardioa Akui Legenda Belanda Ini Sebagai Sosok Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Sepak Bola, Setuju?

Pep Guardiola melihat Johan Cruyff tak hanya menejar gelar tapi menghasilkan pemain-pemain besar dan bahkan pelatih-pelatih hebat.

Johan Cruyff Pep Guardiola

Sepakbola.com, London – Pep Guardiola baru-baru ini memberikan pujian yang setinggi-tingginya kepada almarhum Johan Cruyff dan menggambarkan bahwa legenda asal Belanda itu sebagai orang paling berpengaruh dalam sejarah sepak bola.

Cruyff, yang meninggal awal tahun ini, adalah orang yang telah memberikan Guardiola debut pertamanya bersama tim senior Barcelona pada tahun 1990 lalu, dan manajer Manchester City itu menyatakan bahwa dampak yang dia dapatkan dari Cruyff sangat banyak, di mana ideologi permainan dari sang legenda masih ada sampai hari ini dan para pemain asuhannya dahulu sekarang telah menjadi pelatih.

“Dia adalah seorang masterclass di setiap sesi latihan, di setiap pertandingan,” kenang Guardiola saat menghadiri sebuah acara di London untuk menandai peluncuran buku Cruyff berjudul, “My Turn: The Autobiography”.

“(Kami akan) menganalisa setelah pertandingan mengapa kami bermain baik, atau bermain buruk. Itu seperti sebuah universitas pelatih setiap harinya,” lanjut dia.

Guardiola menyatakan bahwa dirinya berpikir kalau Johan Cruyff adalah orang yang paling berpengaruh dalam sejarah sepak bola. Menurutnya mantan pemain Barcelona era 1970’an itu tidak hanya mengubah satu klub, melainkan telah mengubah dua klub. Baginya, sebagai pemain dan sebagai pelatih, sangat mustahil bisa menemukan orang seperti Cruyff.

“(Ketika) orang berpikir tentang manajer terbaik, mereka selalu berbicara tentang berapa banyak penghargaan yang dicapai dan berapa banyak gelar yang telah Anda menangkan. Menurut saya itu sebuah kesalahan besar karena pada akhirnya manajer terbaik memenangkan banyak gelar karena mereka berada di klub-klub besar dengan pemain besar,” jelasnya.

Guardiola menyatakan bahwa para manajer terbaik adalah mereka yang mempengaruhi generasi baru, terutama pemain mereka. Menurutnya pengaruh Johan Cruyff ada pada diri semua pemain hebat seperti dari Ajax ada nama Marco van Basten dan Frank Rijkaard, di mana semua pemain tersebut telah menjadi pelatih.

BACA JUGA
Boateng Bandingkan Gaya Melatih Ancelotti Dengan Guardiola, Apa Perbedaannya?

“Banyak dari pemain Barcelona menjadi pelatih sekarang. Pengaruhnya pada kita adalah luar biasa, menakjubkan, sangat besar, itu sebabnya kami mencoba untuk mengikuti semua yang dia ajarkan kepada kita,” pungkasnya. (Sumber: Football Espana)

Penulis: Vincent Asido/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini