Inilah Lima Klub Yang Paling Sering Dihadiahi Penalti Di Liga Inggris, Siapa Saja Mereka?

Liverpool menjadi tim yang paling banyak mendapatkan penalti sejak bergulirnya Premier League pada 1992-1993.

James Milner / Liverpool

Sepakbola.com, London – Tendangan penalti atau yang sering dibilang dengan tendangan dari titik putih, adalah tendangan yang dilakukan oleh pemain dengan jarak 12 kaki atau sekitar 11 meter di depan gawang.

Terjadinya tendangan penalti disebabkan oleh adanya pelanggaran yang dilakukan pemain lawan di dalam kotak pinalti.

Dan berikut memori tentang lima klub Liga Inggris yang paling sering mendapatkan penalti.

1. Liverpool

Steven Gerrard / Liverpool Penalti
Steven Gerrard / Liverpool

Liverpool menjadi klub teratas Liga Primer Inggris yang paling sering dihadiahi pinalti. Mereka mengoleksi 140 pinalti di 24 tahun tahun, jumlah tersebut masih bisa ditambah karena musim ini Liverpool telah mengoleksi 4 penalti.

Kembali ke era Liga Primer Inggris yang di elat pertama kali pada tahun 1992. Liverpool pada musim itu (1992/93) total mengoleksi delapan pinalti. Dan eksekutor di delapan pinalti tersebut ada Mark Walters( empat pinalti), Jan Molby (tiga pinalti), dan John Barnes (satu pinalti).

Steven Gerrard adalah salah satu algojo terlama The Reds dari titik 12 meter. Dirinya selalu menjadi eksekutor pinalti pertama selama ia berkarir di Anfield. Dan untuk era Liverpool di bawah asuhan Klopp, Liverpool memiliki algojo anyar dalam mengeksekusi pinalti pada musim ini, yakni James Milner dengan empat gol di empat pinalti.

2. Arsenal

Thiery henry / Arsenal penalti
Thiery henry / Arsenal

The Gunners duduk di posisi kedua dengan raihan pinalti 131, hanya berbeda sembilan penalti dari Liverpool di Liga Primer Inggris. Arsenal musim ini mengoleksi lebih banyak pinalti dari musim sebelumnya.

Dengan rincian Olivier Giroud telah membuat satu pinalti, kemudian Santi Cazorla yang dua kali gagal dalam menceploskan bola dari titik putih di musim 2015/16.

Tapi di musim ini 2016/17, Cazorla telah sukses menyetak skor dari titik 12 pas sebanyak dua kali. Dan Theo Walcott juga Alexis Sanchez, keduanya gagal mengeksekusi penalti masing-masing satu.

BACA JUGA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Osasuna 0-3 Barcelona: Barca Benamkan Tim Juru Kunci

3. Manchester United

Wayne Rooney / Manchester United penalty
Wayne Rooney / Manchester United

Fans dari tim lain sering kali komplain karena The Red Devils yang sering mendapatkan pinalti di bawah asuhan manajer Sir Alex Ferguson.

Tapi mereka bukanlah tim yang paling sering mendapatkan penalti kenyataannya, itu ditunjukkan dari setan merah yang hanya menduduki peringkat ketiga ini. Dan hanya mengoleksi 123 pinalti.

Musim ini mereka baru mendapatkan satu pinalti yang dieksekusi oleh Zlatan Ibrahimovic, saat MU berhadapan dengan Southampton.

4. Chelsea

Frank Lampard / Chelsea penalty
Frank Lampard / Chelsea

Klub yang berasal dari London Barat ini selalu mendapatkan penalti di setiap musim Liga Primer Inggris. Dan salah satu eksekutor The Blues yang sekarang bukan lagi bagian dari skuat, ia adalah Frank Lampard. The Blues mengoleksi 122 pinalti selama keikutsertaannya di ajang Liga Primer Inggris.

Musim ini pasukan The Blues yang dikomandoi Antonio Conte sebagai juru taktiknya, baru mengoleksi satu penalti. Penalti tersebut dieksekusi Hazard saat laga pembuka EPL menghadapi West Ham.

 

5. Newcastle United

Alan Sherar / Newcastle United penalty
Alan Sherar / Newcastle United

Klub yang saat ini berada di divisi Championship setelah terdegradasi musim lalu, mengoleksi 114 pinalti sejak EPL pertama kali dihelat tahun 1992.

Sejak musim 1992/93 sampai musim 2009/10 di EPL, The Magpies selalu mendapatkan penalti di setiap musimnya. Top skorer klub sepanjang masa Newcastle, Alan Shearer selalu menjadi algojo The Magpies dengan persentase keberhasilan sebanyak 84 persen, menurut Chronicle paper.

Aleksandar Mitrovic mengoleksi dua pinalti, dan Georgino Wijnaldum yang saat ini merumput bersama The Reds mencetak satu gol dari titik putih, musim lalu.

Sayangnya klub yang kini di arsiteki pelatih berpengalaman, Rafael Benitez, harus terdegradasi musim lalu. (Sumber: talksport.com)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

BACA JUGA
Bagi Monreal Playmaker Arsenal Ini Benang Pemersatu Permainan The Gunners

Komentari Artikel Ini