Jan Oblak Jadi Kiper Terbaik Sepanjang Sejarah Atletico Madrid, Ini Buktinya

Catatan statistik Jan Oblak lebih baik ketimbang kiper terdahulu Los Rojiblancos, yaitu Miguel Angel Moya dan Thibaut Courtois.

Statistik Jan kiper Atletico Madrid

Sepakbola.com, Madrid – Tak dimungkiri dalam dunia sepakbola, akan selalu sulit untuk mengevaluasi kinerja seorang kiper dibawah mistar. Namun kiper Atletico Madrid, Jan Oblak memiliki cerita yang berbeda atas kinerjanya selama mengawal gawang Atleti.

Jan Oblak, hanya kebobolan 45 gol dalam 80 pertandingan bersama klub asal ibu kota Spanyol, Atletico Madrid. Dia memiliki rata-rata kebobolan per pertandingan hanya 0,6. Statistik tersebut jauh lebih baik dari kiper terdahulu Los Rojiblancos, yaitu Miguel Angel Moya dan Thibaut Courtois.

Musim ini kiper yang berasal dari Slovenia tersebut, hanya kebobolan dua kali. Kebobolan itu dialami saat Atleti bertemu Alaves di pertandingan pertama liga, dan satunya lagi saat menahan Barca di Camp Nou.

Oblak juga mempertahankan rekornya sebagai kiper dengan jumlah rasio clean sheet terbaik, dengan jumlah kebobolan 49 kali dari 80 laga yang sudah dijalaninya (61%).

Sistem pertahanan yang diterapkan oleh Diego Simeone, yang paling berdampak dari statistik Oblak yang sangat impresif. Fakta tersebut membuat Moya dan Courtois juga masuk dalam daftar kiper yang bersejarah bagi klub, selama Atleti ditukangi oleh pelatih asal Argentina itu.

Disamping itu, Oblak juga memang telah berkembang dari klub sebelumnya yakni Benfica, di mana dia memiliki catatan 21 kali clean sheets dari 26 laga, dengan persentase (80%). (Sumber: Marca.com)

VIDEO AKSI PENYELAMATAN TERBAIK OBLAK 2016

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Jelang Lawan Munchen, Striker Gaek Atletico Siap Comeback