Jelang North West Derby: Jejak Para ‘Pengkhianat’ Di Liverpool Dan Manchester United

Paul Ince dan Michael Owen adalah pemain yang pernah berseragam Liverpool dan Manchester United di era Premier League.

Pengkhianat Liverpool - Manchester United

Sepakbola.com, Liverpool – Rivalitas Liverpool dan Manchester United termasuk yang paling panas di Eropa. Perseteruan bisa dilihat dari sepinya transfer yang melibatkan kedua klub. Pemain yang menyeberang, langsung maupun tak langsung, akan dicap pengkhianat.

Sejak transfer Phil Chisnall dari Manchester United ke Liverpool, April 1964, tak ada lagi ‘pengkhianat’ yang meyeberang langsung dari Old Trafford ke Anfield maupun sebaliknya.

Gabriel Heinze nyaris berkhianat dari Manchester United ke Liverpool
Gabriel Heinze nyaris berkhianat dari Old Trafford ke Anfield.

Pada 2007, nyaris terjadi ‘pengkhianatan’ ketika Liverpool mengajukan tawaran untuk bek Argentina Gabriel Heinze. Meski sang pemain tertarik, Setan Merah ogah melepasnya menuju Anfield.

Heinze yang gerah di Old Trafford namun tak diperbolehkan pindah ke Liverpool kemudian mengungkapkan secara publik keinginannya untuk berseragam The Reds. Komentar tersebut memicu kemarahan fans United ketika itu. Pada akhirnya transfer Heinze ke Liverpool tak pernah kesampaian dan Manchester United akhirnya menjualnya kepada raksasa La Liga, Real Madrid.

Berikut ini daftar pemain-pemain Liverpool dan Manchester United yang menyeberang langsung:

NamaDariKeBiaya TransferTahun 
Tom ChorltonLiverpoolManchester United1912
Jackie SheldonManchester UnitedLiverpool1913
Tom MillerLiverpoolManchester United£2,0001920
Fred HopkinManchester UnitedLiverpool1921
Tommy ReidLiverpoolManchester United1929
Ted SavageLiverpoolManchester United1938
Allenby ChiltonLiverpoolManchester United1938
Thomas McNultyManchester UnitedLiverpool£7,0001954
Phil ChisnallManchester UnitedLiverpool£25,0001964

Memang ada beberapa pemain yang akhirnya bermain untuk tim rival pasca 1964, namun tidak melakukan perpindahan langsung. Mereka memperkuat klub rival setelah pindah terlebih dulu ke klub lain.

PETER BEARDSLEY

Peter Beardsley juga pernah berseragam Setan Merah pada 1982-1983 namun hanya bermain sekali dalam kostum Manchester United, bahkan tercatat sama sekali tak bermain di ajang liga. Ia kemudian hengkang ke Vancouver Whitecaps lalu ke Newcastle United sebelum berlabuh di Anfield pada 1987. Di Liverpool ia menjadi pemain kunci selama empat musim berseragam merah-merah. Pengena nomor punggung 7, yang termasuk keramat di Anfield, bermain dalam 131 pertandingan dan mencetak 46 gol di ajang Liga Inggris bersama Liverpool. Bearsdley memenangi dua gelar Liga Inggris dan satu Piala FA bersama The Kop. Pria kelahiran Hexham 18 Januari 1961 kemudian menyeberang ke seteru Liverpool lain, Everton, pada 1991.

BACA JUGA
Koeman: Ibra Merupakan Pemain Fantastis Sejak Masih 19 Tahun
Peter Beardley mantan pemain Manchester United yang jadi legenda Liverpool
Peter Beardley berkostum Liverpool

PAUL INCE

Paul Ince adalah pemain pertama yang ‘berkhianat’ di era Premier League. Ince bermain dalam 206 pertandingan Liga Inggris dan mencetak 25 gol saat berkostum Manchester United medio 1989-1995. Ince kemudian berlabuh di Liverpool pada 1997 setelah pindah terlebih dulu ke klub Serie A, Inter Milan. Bersama The Reds, pria kelahiran Ilford, Inggris itu bermain 65 laga Liga Inggris dan mencetak 14 gol dalam dua musim.

Paul Ince / Manchester United Liverpool
Paul Ince / Manchester United Liverpool / skysports

MICHAEL OWEN

Label pengkhianat alias ‘Judas’ paling anyar disematkan pada Michael Owen yang sempat menjadi fenomena bersama Liverpool dan timnas Inggris. Bermain dalam 216 laga Liga Inggris dan mencetak 118 gol untuk The Reds, Owen dijual ke Real Madrid pada 2004 namun mengalami penurunan performa sejak itu. Setelah pulang ke Inggris dan sempat berseragam Newcastle United, ia bergabung dengan skuat Sir Alex Ferguson pada 2009. Tak menjadi pemain utama di Old Trafford, Owen mencetak 5 gol dalam 31 pertandingan dan ikut memenangi gelar Liga Inggris.

Michael Owen / Liverpool - Manchester United
Michael Owen / Liverpool – Manchester United

 

Komentari Artikel Ini