in

Klopp vs Mourinho: Catatan Pertemuan Kedua Manajer Jelang Laga Liverpool Kontra Manchester United

Klopp sementara ini masih mendominasi pertemuan kontra Mourinho.

Sepakbola.com, Manchester – Liverpool akan menjamu Manchester United di Anfield, Selasa (18/10) dini hari WIB, pada matchday ke delapan Premier League. Ini tentu bukan pemandangan yang langka, tetapi pertemuan Jurgen Klopp dan Jose Mourinho akan menambah bumbu panasnya laga big match ini.

Ini bukan pertama kalinya Klopp berhadapan dengan Mourinho, mereka sudah lima kali bertemu ketika Klopp masih bertugas di Borussia Dortmund dan Mourinho di Real Madrid, serta musim lalu kala Mourinho menangani Chelsea. Namun, ini pertama kalinya kedua manajer bertemu di Premier League usai Mourinho pindah ke Manchester United.

Jadi, siapa yang akan tegak kepalanya keluar dari Anfield, Klopp atau Mourinho?

Rekor Klopp melawan Mourinho: 

rekor-klopp-mourinho

 

Dortmund 2-1 Real Madrid (Liga Champions Grup D, Oktober 2012)

Jurgen Klopp (Dortmund) mengalahkan Jose Mourinho (Real Madrid) di semi final Liga Champions
Jurgen Klopp (Dortmund) mengalahkan Jose Mourinho (Real Madrid) di semi final Liga Champions

Ini pertemuan pertama kedua manajer, mereka bertemu di fase grup Liga Champions empat tahun lalu saat Kloo masih memimpin Dortmund dan Mourinho di Real Madrid.

Dortmund memenangkan laga ini dengan mendebarkan berkat gol Robert Lewandowski dan bek kiri Marcel Schmelzer di Westfalenstadion. Gol balasan Real Madrid di cetak Cristiano Ronaldo.

Setelah pertandingan ini Klopp punya pandangan taktik melawan pasukan Mourinho, dia mengatakan: “Mereka lebih banyak menguasai bola… tetapi itu bukan hal yang buruk bagi kami,”

Real Madrid 2-2 Dortmund (Liga Champaions Grup D, Oktober 2012)

skysports-jose-mourinho-klopp1
Kedua manajer saling serang komentar sebelum laga semi final Liga Champions

Tak perlu menunggu lama untuk pertemuan kedua, kali ini kedua manajer bertemu di Santiago Bernabeu, laga kedua Grup D Liga Champions 2012. Namun, The Special One masih harus menunggu untuk mendapat kemenangan melawan Klopp karena mereka bermain imbang 2-2 di Madrid, Los Blancos diselamatkan tendangan bebas Mesut Ozil di menit-menit akhir.

Walau begitu, Mourinho sudah tahu Klopp tidak bisa di pandang sebelah mata dia di harus hati-hati melawan manajer asal Jerman ini karena pada laga ini kemenangan Dortmund sudah di depan mata. Walau lolos dari fase grup, pasukan Klopp lah yang memimpin Grup D.

 

Dortmund 4-1 Real Madrid (Semi final Liga Champions leg pertama, April 2013)

skysports-jose-mourinho-klopp2
Jose Mourinho ejek Dortmund dengan gesture teropong ke arah Jurgen Klopp

Lima bulan kemudian dua pelatih super kembali bertempur, kali ini mereka bertemu di semi final leg pertama Liga Champions di Signal Iduna Park, Real Madrid bermain di depan Yellow Wall Dortmund. Lewandowski kembali menjadi mimpi buruk El Real, dia mencetak empat gol, tiga gol dua cetak 40 menit sebelum pertandingan usai.

Usai pertandingan ini Mourinho langsung memberi tahu perasaannya: “Tim saya begitu naif, Lewandowski mencetak empat gol dan kami melanggar dia sekalipun,”

Real Madrid 2-0 Dortmund (Semi final Liga Champions leg kedua, April 2013)

skysports-jurgen-klopp-mourinho3
Kedua manajer kembali bertemu di semi final Liga Champions

Pada leg kedua di Santiago Bernabeu, Mourinho akhirnya bisa mengalahkan Dortmund dan ketenggangan antara dua manajer luar biasa ini mulai tampak.

“Saya bercerita sedikit tentang Borussia Dortmund dan itu sudah cukup,” kata Mourinho jelas laga ini.”Sejak drawing Klopp berbicara setiap hari,”

Bos Dortmund ini tak gentar, dia membalas:”Mourinho mengatakan saya terlalu banyak bicara? Itu adalah salah satu guru saya untuk memberi tahu saya. Saya tidak peduli, saya tidak memikirkan ini,”

Dan ketika ditanya apakah ini laga pikiran, Klopp menambahkan:”Saya kurang cerdas untuk memahami apa yang harusnya terjadi. Tetapi, itu tidak masalah, sekarang saya akan diam an semuanya akan baik-baik saja,”

Walau Mourinho mendapat kemenangan atas Dortmund di Bernabeu yang merupakan kemenangan pertamanya tetap saja dia memakan pil pahit karena mereka kalah secara agregat (4-3) dan BVB ke final melawan Bayern Munich. Dan pada akhir musim ini Mourinho dan Real Madrid berpisah.

Chelsea 1-3 Liverpool (Premier League, Oktober 2015)

skysports-jose-mourinho-chelsea4

Klopp mencatatkan kemenangan ketiganya dari lima pertemuan dengan Mourinho dan ini merupakan kemenangan pertamanya sebagai bos Liverpool melawan Mourinho.

Pada saat itu juara bertahan Premier League, Chelsea sedang berjuang untuk menjauh dari zona degradasi, mereka ada di urutan ke-10 dan Klopp menambahkan tekanan pada rivalnya ini, membuat The Blues mendapat kekalahan keenam.

Usai mengalahkan Chelsea, Klopp pun menunjukkan rasa simpati kepada Mourinho yang mengalami masa sulit bersama The Blues musim lalu.

“Hal seperti ini memang bisa terjadi,” katanya. “Saya pernah merasakan hal seperti ini saat masih di Dortmund tahun lalu. Baiknya adalah tidak ada satu orang pun di klub yang meragukan situasi saya. Saya bisa merasakan apa yang dia rasakan, tetapi itulah pekerjaan kita.”

(Sumber: Sky Sports)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

PREDIKSI Atletico Madrid vs Granada: Jalan Mulus Pertahankan Singgasana

Fachruddin Aryanto Akhirnya Merapat Ke Madura United

[REVIEW] ISC A 2016 Persiba 1-2 Madura United: Laskar Sape Kerrab Nyaman Di Puncak