Legenda Belanda Ini Klaim Pernah Selamatkan Guardiola, Dalam Hal Apa?

Jika bukan karena Cruyff, Pep sudah dijual Barcelona yang sangat menentukan perjalanan kariernya hingga saat ini. (Foto: Marca)

Johan Cruyff Pep Guardiola

Sepakbola.com, Barcelona – Nama Johan Cruyff memang selalu menjadi figur ayah bagi Pep Guardiola muda. Legenda Belanda itu juga lebih dari sekedar manajer berpengaruh bagi Pep saat masih memperkuat Barcelona, tapi juga seorang sahabat.

Cruyff menegaskan bahwa jika bukan karena dia, Guardiola hampir pasti meninggalkan Barcelona di awal-awal kariernya saat masih menjadi pemain.

Dalam otobigrafi yang diterbitkan minggu ini setelah enam bulan kematiannya, sosok pelatih visioner itu menyatakan kalau ia selalu membimbing Guardiola, yang saat itu masih kurang dihargai, sampai ia menjadi bagian penting dari the Dream Team.

“Barcelona ingin menyingkirkan Guardiola,” kata Cruyff dalam otobiografi.

“Klub (Barcelona) berpikir dia terlalu kurus, buruk dalam pertahanan, dan jelek dalam pertarungan di udara. Jika bukan untuk saya, Guardiola mungkin telah dijual ke klub divisi dua,” sambungnya.

Ketika Guardiola mengambil alih kepelatihan tim utama Barcelona pada tahun 2008, Cruyff memberikan beberapa pesan untuk membimbingnya.

“Saya mengatakan kepadanya bahwa di atas segalanya, Anda (Guardiola) harus menjadi bos, seseorang pengambil keputusan dan bertanggung jawab atas konsekuensi,” legenda asal Belanda itu menyatakan.

“Dalam hal ini, Pep (Guardiola) mengikuti jalan yang sama dan pedoman yang saya lakukan,” pungkasnya. (Sumber: Marca)

Penulis: Vincent Asido/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Jelang El Clasico, Anak Maradona Pilih Ronaldo Ketimbang Messi, Kok Bisa?