PREDIKSI Liverpool vs Manchester United: Pertarungan Dua Rival Abadi Beda Nasib

Modal lima kemenangan beruntun bukan jaminan Liverpool bisa dengan mudah mengalahkan United di laga penuh gengsi.

prediksi-southampton-vs-burnley

Sepakbola.com – Pertarungan sengit bertujuk North West Derby yang mempertemukan Liverpool dan Manchester United akan mewarnai perjalanan Premier League pekan ke-8 di Anfield, Selasa (18/10) dini hari WIB.

Kedua tim memiliki perjalanan panjang di kompetisi Liga Inggris dan dinobatkan sebagai klub tersukses sejauh ini. Untuk itu, dalam laga ini baik Liverpool dan United akan berupaya keras menghindari kekalahan demi mempertahankan gengsi.

Saat ini keduanya memiliki nasib berbeda. Liverpool sedang menggeliat setelah tak terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir. Para pemain The Reds dinilai sudah padu dengan filosofi yang diterapkan Jurgen Klopp. Tak heran jika kini Liverpool menjadi salah satu tim yang paling ditakuti di Premier League saat ini.

Sedangkan United sedang berjuang menemukan bentuk permainan terbaik untuk mempertahankan konsistensi. Sejauh ini performa United masih naik turun dan masih jauh dari kata stabil.

JURGEN KLOPP VS JOSE MOURINHO

Adu taktik dua pelatih top ini sangat ditunggu pada pertandingan nanti. Keduanya tercatat sudah baru sekali bertemu di Premier League. Saat itu Mourinho masih membesut Chelsea dan ia pun harus bertekuk lutut 1-3 di tangan Klopp.

Namun Mourinho selalu kurang mujur ketika berhadapan dengan Klopp. Saat maish menukangi Borussia Dortmund, Klopp lebih superior dari Mourinho dengan tiga kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

KONDISI PEMAIN

Jila dilihat di permukaan, Liverpool Nampak tak memiliki masalah dengan pemainnya. Namun jika ditelaah lebih dalam lagi, sebenernya klub Merseyside ini sedang dipusingkan dengan cedera para pemain yang berkelanjutan. Sheyi Ojo, Joe Gomez, Adam Lallana dan Georginio Wijnaldum harus masuk ruang perawatan dan diragukan akan tampil dalam laga ini.

BACA JUGA
Guardiola Ragu Manchester United Bisa Juara Premier League Musim Ini

Sementara Setan Merah sedang dalam kondisi aman karena tercatat hanya Phil Jones yang dibekap cedera. Luke Shaw dan Henrikh Mkhitaryan sebenarnya dikabarkan sedang dalam kondisi kurang bugar. Namun belum dipastikan apakah keduanya akan diturunkan dalam laga ini atau tidak.

PEMAIN KUNCI

Roberto Firmino

Roberto Firmino Neymarnya Liverpool

Pemain internasional Brasil ini berhasil menjadi striker andalan Liverpool dibawah asuhan Klopp. Pelatih Jerman itu mengungkapkan jika Firmino memiliki perpaduan yang apik dalam permainan dan perilaku di atas lapangan. Tak heran jika dirinya selealu mempercayakan peran juru gedor kepada eks Hoffenheim itu.

Marcus Rashford

rashford-nickybutt

Pemain 18 tahun ini sedang mendapat sorotan positif karena terus menunjukan perkembangan impresif di Old Trafford. Setelah dinilai memiliki kapasitas yang mumpuni untuk bisa berduet dengan Ibrahimovic, Rashford juga diidentikan dengan legenda United, Andy Cole karena memiliki kepiawaian untuk menusuk ke lini belakang lawan. Tentu dengan kemampuan tersebut, Rashford diharapkan bisa menjadi pembeda saat melawan Liverpool.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN

Absennya sejumlah pemain membuat Klopp berpotensi menurunkan formasi 4-3-3 saat melawan United. Philippe Coutinho, Roberto Firmino dan Sadio Mane dipercaya menjadi trisula maut di lini depan Liverpool. Absennya Wijnaldum sendiri bisa menjadi berkah bagi Emre Can yang tengah galau lantaran jarang masuk skuat utama Liverpool. Bintang Jerman itu berpotensi berkolaborasi dengan Jordan Henderson di lini tengah. Dan untuk urusan penjaga gawang, Loris Karius akan menjadi pilihan utama Klopp karena tampil mengesankan dalam beberapa pertandingan terakhir.

Liverpool (4-3-3): Karius; Milner, Matip, Lovren, Clyne; Can, Henderson, Lallana; Coutinho, Firmino, Mane

Mourinho sendiri nampaknya akan meladeni Jurgen Klopp dengan permainan terbuka. Mengusung formasi 4-2-3-1, Zlatan Ibrahimovic akan ditempatkan sendirian di depan. Ia akan mendapat aliran bola dari tiga pemain di belakangnya, Juan Mata, Marcus Rashford dan Anthony Martial. Lantas, kemana Wayne Rooney? Meski dikabarkan akan dimainkan, tapi Mourinho menjadikan sang kapten sebagai pemain cadangan. Di sektor pertahanan, Mourinho kemungkinan akan kembali menduetkan Eric Bailly dan Chris Smalling di depan gawang United yang dikawal David De Gea.

BACA JUGA
Bek Kiri Napoli Pancing Atletico Madrid Dan Chelsea Untuk Merekrutnya

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Blind, Smalling, Bailly, Valencia; Pogba, Herrea; Rashford, Mata, Martial; Ibrahimovic

PREDIKSI

Kedua tim tercatat sudah saling tatap muka sebanyak 197 kali di Liga Inggris. United unggul dengan 80 kemenangan sedangkan Liverpool hanya 65 kemenangan saja. Kendati unggul, United tak ingin jemawa karena lawan yang akan mereka sedang tangguh belakangan ini. Belum lagi mereka akan bermain di Anfield yang terkenal angker.

Mourinho akan menginstruksi anak asuhnya untuk bermain terbuka. Ibrahimovic aana didaulat menjadi penyerang utama untuk membobol gawang Karius yang dijaga ketat oleh pemain belakang Liverpool yang dipimpin oleh Dejan Lovren.

Pertemuan terakhir keduanya di Anfield berhasil dimenangkan Liverpool dua gol tanpa balas. Tapi United juga pernah menjungkalkan Firmino cs dua kali berturut-turut pada laga sebelumnya dengan skor 1-0 dan 2-1.

Penulis: Rizky Kurniawan Suhyar/Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini