Terlibat Skandal Pemilihan Ketua Asosiasi Sepakbola Thailand, Mantan Anggota FIFA Diskors 5 Tahun

Makudi sudah menjadi anggota eksekutif FIFA dari federasi Asia selama 18 tahun. (Sumber foto: Daily Mail)

Worawi Makudi di skors FIFA selama lima tahun karena terlibat skandal pemalsuan hasil pemilu

Sepakbola.com, Zurich – Mantan anggota komite eksekutif FIFA, Worawi Makudi, yang berasal dari Thailand, diskors dari dunia sepakbola selama lima tahun pada Selasa (18/10) karena terlibat pemalsuan pemilihan ketua Asosiasi Sepakbola Thailand dan dokumen FIFA pada 2013.

Pengadilan Komite Etik FIFA mengatakan Makudi bersalah karena pemalsuan hasil pemilihan, memalsukan dokumen dan menolak untuk bekerja sama dengan penyidik. Selain itu, Makudi juga didenda 10.000 franc Swiss (sekitar Rp131 juta).

Makudi merupakan mantan rekan calon presiden FIFA dari Qatar, Mohamed bin Hammam dan sudah menjabat sebagai komite eksekutif FIFA dari federasi Asia selama 18 tahun. Dia kemudian keluar pada April 2015.

Makudi merupakan salah satu dari 24 anggota panel yang mengawasi tender untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 yang sudah dilarang karena alasan etik oleh FIFA.

Empat orang lainnya dari anggota panel tersebut sudah didakwa dan berada di bawah investigasi kriminal Amerika Serikat atau Swiss, namun mereka belum mendapat skorsing dari komite etik.

Sebelumnya FIFA sudah melakukan penyelidikan pada tahun 2011 pada Makudi dengan tuduhan penyelewengan dana 800.000 USD (sekitar Rp10 miliar) yang merupakan proyek FIFA di dekat Bangkok. Namun, kasus di tutup setelah FIFA menerima dokumen yang menunjukkan dia menyumbangkan lahan pembangunan tersebut kepada Asosiasi Sepak Bola Thailand.

Makudi juga diperiksa penyidik FIFA saat mendampingi Bin Hammam ketika mengunjungi pemilihan presiden federasi Trinidad pada Mei 2011.(Sumber: NBC Sport)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

Komentari Artikel Ini

BACA JUGA
Ini Dia Tiga Pelatih Calon Peraih Penghargaan The Best FIFA Men's Coach 2016