Tiga Alasan Wales Tak Boleh Remehkan Austria

Performa Austria dan Wales berbanding terbalik di Euro, namun David Alaba dkk punya kelebihan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Austria vs Wales

Sepakbola.com, Cardiff – Austria sempat dijagokan menjadi kuda hitam di EURO 2016 meski kemudian tak bisa memenuhi ekspetasi dan harus tersingkir di babak penyisihan grup. Berbanding terbalik dengan Wales yang tampil ciamik hingga menembus bbak semifinal.

Namun Gareth Bale dkk tidak boleh memandang sebelah mata kekuatan Austria saat berhadapan di kualifikasi Piala Dunia 2018. Berikut ini beberapa alasannya.

Ernst-Happel-Stadion Austria
Ernst-Happel-Stadion, Austria

Austria punya kandang angker

Selama babak kualifikasi Euro 2016 lalu, Austria memenangkan semua laga dan itu menjadi kualifikasi paling sukses selama keikutsertaan Austria. David Alaba cs tentu saja menyapu bersih semua laga kandang kala itu.

Salah satu laga yang sangat impresif dari skuat Austria saat menekuk Swedia dan hanya kebobolan satu gol selama laga itu. Ini menjadi tantangan sulit bagi Wales untuk membongkar pertahanan Austria.

Salah satu aspek utama yang menjadikan mengapa Austria sangat efisien saat bermain kandang adalah karena semangat mereka untuk memenangkan laga. Dan itu dapat dilihat pada laga kualifikasi Euro 2016 lalu ketika Austria memenangi laga menghadapi Montenegro, Rusia, dan Moldova hanya dengan satu gol saja.

Dengan lima laga kandang yang seluruhnya dimenangi tim Austria, Austria memiliki kandang yang angker yakni Ernst-Happel-Stadion. Fans Austria akan mengintimidasi lawan ketika tim tamu mengunjungi stadion berkapasitas 50.000 penonton yang berlokasi di kota Vienna .

Diperkuat pemain-pemain berbahaya

David Alaba

David Alaba - Austria vs Wales
David Alaba / Austria / skysports

Pemain serba bisa asal Bayern Munchen ini mmpu bermain di berbagai posisi. Meskipun posisi favoritnya sebagai bek kiri, dia juga bisa bermain sebagai pemain tengah seperti yang dilakukannya di timnas Austria. Dia mengoleksi 50 penampilan bersama Austria dan telah mencetak tujuh gol sejauh ini. Alaba datang dengan reputasi yang besar, sebagai salah satu pemain terbaik yang dimiliki Austria.

BACA JUGA
PREDIKSI Osasuna vs Barcelona: Kembalikan Form Di Pamplona!

Pada tahun 2011, saat umurnya masih 19, Alaba memenangi penghargaan sebagai pemain Austria terbaik. Di usia yang masih sangat belia dia telah mendapatkan sesuatu yang spesial, dan telah menjadi bagian Austria U-17, dengan mencetak lima gol pada 20 penampilan yang ia buat.

Alaba adalah pemain yang harus diwaspadai Wales, dia cepat, dan memiliki akurasi tembakan yang bagus. Visi bermainnya juga bagus. Dia pemain yang cerdas, dengan memiliki kemampuan mencetak gol.

Marko Arnautovic

Marco Arnautovic / Austria vs Wales
Marco Arnautovic / Austria

Pemain lain yang memiliki reputasi yang besar di Austria saat ini, dia bukanlah tipe striker murni yang bisa mencetak 25 gol di setiap musimnya, namun Arnautovic adalah pemain yang bermain dengan energi dan dedikasi tinggi. Pemain Stoke City ini memiliki semangat dan akan memberikan segalanya untuk tim yang ia bela. Dia bagaikan tank.

Rekor golnya bersama Austria juga bisa dibilang sempurna, dengan 11 gol di 56 penampilannya. Beberapa pemain Wales yang bermain di Liga Inggris sama seperti Arnautovic pasti telah mengetahui kehebatan Marko, termasuk Ashley Williams, dan rekan satu klubnya kini, Joe Allen.

Martin Harnik

Martin Harnik / Austria vs Wales
Martin Harnik / Austria

Normalnya pemain yang berposisi sebagai winger atau striker selalu bisa mencetak gol, di mana pun dia berada. Di musim panans ini dia bergabung bersama Hannover 96 dari stuttgart dan telah mencetak 52 gol dalam 173 penampilannya dengan klub. Setelah 6 tahun bersama Stuttgart dia memutuskan pindah ke Hannover 96.

Dia memiliki bakat alami, dan bisa berlari dengan bola dan membuat klub liga Inggris terkejhut dan berusaha merekrutnya. Dia tipe pemain versatile yangbisa bermain di posisi winger atau striker. Martin Harnik adalah pemain yang harus di waspadai Coleman. dia bisa menjadi pemain kunci Austria jika bisa mengalahkan Wales atau justru sebaliknya, siapa yang tahu?

BACA JUGA
Inikah Kunci Kesuksesan Chelsea Di Bawah Asuhan Conte?

Wales kehilangan pemain kunci, Aaron Ramsey

Aaron Ramsey / Austria vs Wales
Aaron Ramsey / Wales

Di Euro 2016 lalu, Ramsey menjadi pemain penting untuk Wales. Visi dan teknik bermainnya akan dirindukan ketika dia harus absen dari Wales untuk beberapa laga ke depan.

Ramsey yang mampu mengantarkan Wales sampai semifinal Euro 2016 di Prancis lalu, sangat dibutuhkan untuk skuat Wales saat ini. Dia mampu menjadi pembeda saat Gareth Bale, Hal Robson-Kanu mengalami deadlock.

Cedera yang didapat Ramsey terjadi pada pekan pertama Liga Inggris ketika Arsenal menghadapi Liverpool, bulan Agustus lalu. Absennya Ramsey tentu masalah besar untuk skuat Chris Coleman kala harus menghadapi Austria di lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2018. (Sumber: insidecardiffcity.co.uk)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini