6 Klub ISL 2017 Punya Pelatih Baru, Tiga Masih Tanda Tanya

Kuota Pemain Asing di ISL 2017

Sepakbola.com, Jakarta – ISL 2017 musim depan rencananya bergulir bulan Maret, mulai akhir tahun klub sudah berbenah terutama setelah evaluasi usai Indonesia Soccer Championship.

Salah satu bentuk evaluasi tersebut adalah merekrut pelatih baru. Banyak klub peserta ISL 2017 ini merekrut pelatih anyar untuk kompetitif di kompetisi tersebut.

Tercatat ada enam klub yang dipastikan akan punya pelatih baru. Namun baru tiga klub yang sudah menentukan siapa sosoknya.

Sepakbola.com coba menerangkan beberapa klub Indonesia yang akan memiliki arsitek anyar. Siapa saja enam klub tersebut.

1. Arema – Aji Santoso

Usai mendepak Milimor Sesilija dari kursi pelatih, manajemen Singo Edan langsung bergerak cepat untuk menentukan sosok pelatih baru.

Menariknya kandidat utama akhirnya jatuh kepada Aji Santoso yang diumumkan tiga hari setelah tidak diperpanjangnya kontrak Milomir Sesilija.

Bila sebelumna Singo Edan kerap menggunakan pelatih asing seperti Robert Rene, Miroslav Janu hingga Milomir Sesilija. Pada tahun ini kesempatan diberikan kepada pelatih lokal.

Aji yang juga memiliki sejarah pernah bermain di Arema diharapkan bisa memberikan kesuksesan seperti dilakukan Antonio Conte di Juventus atau Pep Guardiola dan Luis Enrique di Barcelona.

2. Bhayangkara FC- Simon McMenemy

Menarik apa yang dilakukan Bhayangkara FC pada musim 2017 ini, mereka tidak melanjutkan kerja sama dengan Ibnu Grahan lantara tidak bisa memenuhi target finish di lima besar ISC A 2016.

Ia pun langsung digantikan oleh pelatih asal Inggris, Simon McMenemy. Simon sendiri bukan pelatih asing di Indonesia, pernah membesut Mitra Kukar dan Pelita Bandung Raya beberapa tahun silam.

Selain itu prestasi yang mencolok kala membawa Filipina yang sempat jadi bulan-bulanan di Piala AFF, diluar dugaan lolos ke semifinal.

BACA JUGA
Bali United Resmi Boyong Mantan Pemain Asing Persib

3. Barito Putera – Jacksen F. Tiago

Langkah berani dilakukan manajemen Laskar Antar Sari untuk mengarungi ISL 2017. Mengaca dari kegagalan mereka di ISCA 2016, pelatih berkualitas dan syarat pengalaman didatangkan manajemen untuk bisa mendongkrak prestasi Barito.

Sosok yang dipilih Jacksen F. Tiago. Salah satu pelatih yang sukses membawa Persipura merajai Liga Indonesia beberapa waktu silam.

Diharapkan kehadiran pelatih asal Brasil ini bisa membawa Barito ke arah yang lebih baik.

4. Persiba Balikpapan

Pada musim 2017, Persiba dipastikan tidak menggunakan jasa pelatih Jaino Matos lagi pada musim depan.

Sayangnya hingga kini tim berjuluk Beruang Madu belum menentukan siapa pengganti pelatih asal Brasil tersebut.

5. Persija Jakarta

Macan Kemayoran tidak akan menggunakan Muhammad Zein Al Hadad pada musim depan. Santer isu mereka akan menggunakan pelatih Brasil.

Menurut Presiden klub Ferry Paulus, sosok tersebut merupakan pelatih muda dan pernah berpengalaman di Liga Thailand selama tujuh tahun. Namun FP masih merahasiakan nama pelatih tersebut.

6. Persela Lamongan

Manajemen Laskar Joko Tingkir langsung bergerak cepat pasca hengkangnya Aji Santoso ke Arema FC.

Melalui akun twitter resmi klub, Persela sudah membidik sejumlah nama baik itu lokal maupun asing untuk menggantikan sosok Aji Santoso pada musim depan.

Penulis: Aglar Ardha Raja/ Editor: Avandi Wiradinata

Komentari Artikel Ini