PREDIKSI Southampton vs Liverpool: Maksimalkan Leg Pertama

Sepakbola.com, Southampton – Leg pertama semifinal EFL Cup menyajikan duel seru nan menarik antara Southampton berhadapan dengan Liverpool yang akan berlangsung di Saint Mary’s Stadium, Kamis (12/1/17) dini hari WIB. Siapakah yang mampu memaksimalkan leg pertama kali ini? Simak prediksi Southampton vs Liverpool berikut ini.

The Saints menatap laga ini dengan kurang baik, mereka dalam lima laga terakhir di semua ajang hanya sekali menang. Bahkan buruknya, tiga laga terakhir secara beruntun di kompetisi Liga Inggris selalu kalah. Skuat asuhan Claude Puel ini mengalami penurunan performa yang sangat drastis sejak periode Desember.

Soton masuk ke babak semifinal dengan mengalahkan favorit juara kompetisi ini yakni Arsenal. Tak tanggung-tanggung, mereka membungkam The Gunners di Emirates Stadium dengan skor 2-0. Laga kali ini bisa menjadi obat sakit hati dari hasil minor beberapa laga belakangan, namun lawan yang akan dihadapi bukanlah tim sembarangan yakni Liverpool.

The Reds musim ini tampil beringas di bawah asuhan Jurgen Klopp. Berbanding terbalik dengan kondisi The Saints yang compang-comping, Merseyside Merah memiliki catatan tujuh laga terakhir tanpa kekalahan. Tapi di laga terakhir di ajang Piala FA, Liverpool hanya bermain imbang dengan tim kasta keempat, Plymouth Argyle.

Skuat asuhan Klopp masuk ke semifinal Piala FA setelah menyingkirkan tim divisi Championship Leeds United. Manajer asal Jerman harus menemukan racikan yang pas agar bisa amankan leg pertama kali ini. Tentu The Reds ingin curi gol tandang karena nantinya akan memudahkan langkah Liverpool untuk masuk ke final. Mengingat leg kedua akan digelar di Anfield.

PEMAIN KUNCI

Nathan Redmond

Prediksi Southampton vs Liverpool: Nathan Redmond/Southampton
Prediksi Southampton vs Liverpool: Nathan Redmond/Southampton

Winger muda ini akan kembali berlaga seusai menjalani masa hukuman akumulasi kartu merah yang didapatnya saat hadapi Tottenham. Meski berstatus sebagai pemain anyar musim ini, Redmond menjadi pemain andalan dari Puel untuk mengisi barisan iini penyerangan. Terhitung winger 22 tahun itu sudah tampil sebanyak 19 laga musim ini, dan mencetak tiga gol juga satu assist.

Kecepatan serta akselerasinya selalu menjadi andalan dari pemain yang satu ini. Kemampuannya itu bisa menjadi ancaman berarti bagi barisan lini belakang The Reds nantinya.

Adam Lallana

Prediksi Southampton vs Liverpool: Adam Lallana/Liverpool
Prediksi Southampton vs Liverpool: Adam Lallana/Liverpool

Pemain ini menjadi pilar penting dalam performa apik Liverpool di bawah asuhan Klopp. Lallana merupakan pemain yang paling berbahaya di skuat The Reds, karena memiliki kecerdasan dalam mengatur lini penyerangan. Berkat performanya juga, timnya saat ini nangkring di posisi dua klasemen Liga Inggris.

Dia adalah gelandang metronom yang sangat dibutuhkan di era sepakbola modern saat ini. Sejauh ini, Lallana sudah mencetak tujuh gol dan tujuh assist menjadi yang terbanyak diantara gelandang lainnya di Liga Inggris. Tentunya, menghadapi sang mantan klub tak akan mudah, namun Klopp pasti punya cara jitu untuk memaksimalkan peran Lallana di area lapangan tengah Liverpool.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN SOUTHAMPTON VS LIVERPOOL

Laga kali ini akan menjadi sangat berat untuk Southampton, pasalnya mereka akan kehilangan dua bek pilarnya. Virgil van Dijk masih belum bisa tampil karena akumulasi kartu merah yang didapatnya saat Soton kalah dari WBA. Sementara sang kapten Jose Fonte juga diragukan bisa bermain dan ada kabar Fonte  sendiri yang menolak bermain karena sedang dalam pembicaraan untuk keluar dari Saint Mary’s Januari ini.

Sementara itu, The Reds akan tampil dengan kekuatan penuh. Meski masih akan kehilangan Sadio Mane yang membela Senegal, kabar baiknya sang maestro Philippe Coutinho bisa merumput kembali, hal itu sudah dikonfirmasi langsung oleh Klopp. Kemungkinan hanya Jordan Henderson dan Joel Matip yang masih belum bisa turun.

Southampton XI (4-3-3): Forster; Cedric, Yoshida, Jack, Bertrand; Romeu, Hojbjerg, Ward-Prowse; Tadic, Austin, Redmond

Liverpool XI (4-3-3): Karius; Clyne, Lovren, Klavan, Milner; Can, Wijnaldum, Lallana; Firmino, Origi, Coutinho

PREDIKSI SKOR SOUTHAMPTON VS LIVERPOOL

Kedua tim sebelumnya pernah bertemu sekali musim ini yakni di Liga Inggris di Saint Mary’s juga, saat itu The Reds ditahan imbang 0-0 meski sepanjang laga mengurung total pertahanan tuan rumah. Dengan kondisi yang ada saat ini, mungkin strategi bertahan akan kembali diterapkan Puel. Mengingat Van Dijk dan Fonte diragukan tampil, tak ada alasan mereka bermain terbuka.

Seperti yang diketahui, Liverpool musim ini memiliki organisasi penyerangan yang menjadi salah satu yang terbaik di Inggris. The Saints harus mewaspadai ketajaman The Reds, hal bijak jika mereka menyusun strategi serangan balik.

Maka dari itu, Sepakbola.com memprediksikan bahwa Liverpool akan mencuri kemenangan dengan skor 2-0. Bagaimana dengan prediksi anda?

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini