Proses Naturalisasi Pemain Muda Ajax Ini Dapat Lampu Hijau Dari Pemerintah

Ezra Walian berpeluang membela Indonesia dalam waktu dekat.

Calon Pemain Naturalisasi

Sepakbola.com, Jakarta – Niatan Ezra Walian untuk bisa berseragam timnas Indonesia dalam waktu dekat mendapatkan lampu hijau dari pemerintah Indonesia. Melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, sudah memberikan surat rekomendasi untuk mendukung proses naturalisasi pemain asal Ajax ini.

Surat rekomendasi ini dikeluarkan oleh Menpora yang akan ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia agar proses naturalisasi Ezra agar segera bisa dilakukan. Bila cepat diselesaikan maka pemain berusia 19 tahun ini bisa masuk skuat skuat Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2017.

Kabar Walian akan memperkuat skuat Garuda memanas setelah gelaran Piala AFF 2016. Pemain muda Ajax yang berposisi sebagai striker itu dinilai bisa meningkatkan ketajaman timnas Indonesia.

ezra-pssi-1
Pemain muda Ajax Ezra Walian (kanan) berpose bersama Martunis dan ketua umum PSSI Edy Rahmayadi. (Aglar Ardha Raja/SepakBola.com)

Pemain berusia 19 tahun ini mempunyai darah Indonesia dari sang ayah yang merupakan pria asli Manado, Sulawesi Utara, bernama Glen Walian. Sementara ibunya, Linda, berasal dari Belanda. Saat ini dirinya masih memegang paspor Belanda.

“Menindaklanjuti Surat Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat Indonesia Nomor: 2270/UMM/XII/2016 Tanggal 28 Desember 2016 perihal Rekomendasi Naturalisasi Atlet atas nama Ezra Harm Ruud Walian (atlet sepak bola), dengan hormat disampaikan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga pada prinsipnya menyambut baik dan sangat mendukung keinginan atlet yang bersangkutan untuk menjadi Warga Negara Indonesia.”

“Sehubungan hal tersebut, agar yang bersangkutan dapat segera ikut memperkuat skuat Tim Nasional Sepak bola Putra, mohon berkenan Menteri untuk memproses pemberian hak kewarganegaraan bagi atlet yang dimaksud sesuai ketentuan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia,” bunyi surat yang ditandatangani oleh Menpora Imam Nahrawi dan lansung ditembuskan kepada Joko Widodo.

BACA JUGA
PREDIKSI Lazio vs AS Roma: Adu Gengsi Derby Della Capitale

Sebelumnya Menpora juga berniat menaturalisasi pemain keturunan Indonesia yang bermain di Valencia serta bakat muda Indonesia, Andri Syahputra yang kini berkarier di sepakbola Qatar juga akan dinaturalisasi.

 

Komentari Artikel Ini