[TOP 10] Kisah-kisah Rekor Tak Terkalahkan Paling Kondang Di Dunia Sepakbola

10-rekor-tak-terkalahkan

Sepakbola.com, London – Tahun 2017 baru berumur sembilan hari, namun sudah banyak rekor yang tercipta di era baru Sepakbola saat ini. Mungkin masih akan banyak rekor lagi yang tercipta mengingat tahun 2017 ini masihlah sangat panjang.

Hal pertama dimulai ketika kita melihat saat Juventus mencatatkan rekor kemenangan kandang terbanyak di kompetisi Serie A kala melumat Bologna dengan skor 3-0 di Juventus Stadium. Kemudian ada Chelsea yang hampir saja menyamai rekor kemennagan terpanjang di kompetisi Liga Inggris meski pencapaian terhenti di angka 13 kemenangan beruntun, setelah dikalahkan Tottenham dengan skor 2-0 pada 5 Januari lalu.

Mungkin saat ini yang masih hangat-hangatnya adalah rekor tak terkalahkan terpanjang milik Real Madrid. Baru saja El Real menyamai rekor rivalnya dalam jumlah pertandingan tak terkalahkan dengan 39 laga saat berhasil mengalahkan Granada dengan skor 5-0. Zinedine Zidane selaku manajer Los Blancos menjadi aktor penting atas terciptanya rekor 39 laga tak terkalahkan di semua ajang kompetisi.

Sembari menunggu rekor apa lagi yang akan dibuat Zizou bersama Real Madrid, mari kita simak beberapa tim lain yang juga memiliki rekor tak terkalahkan terpanjang di dunia sepakbola.

Catatan: Di luar 10 rekor tak terkalahkan sepakbola yang disajikan di sini masih banyak tim-tim lain yang mencatat rekor serupa yang juga impresif. Sebut saja Celtic dengan 62 laga tak terkalahkan (1915-17), Al-Ahly 55 laga (2004-05), Santos 54 laga (1960-63), Penarol 54 laga (1965-68), ASEC Mimosas 52 laga (1990), atau rekor 40 laga tak terkalahkan milik Nottingham Forest (1978) dan Boca Juniors (1998-99). Dan masih ada tim lain yang punya catatan tak kalah impresif. Namun SepakBola.com memilih 10 rekor tak terkalahkan sepakbola berikut ini sebagai catatan paling populer dan akan selalu dikenang.

 

10. Brazil – 35 Pertandingan (1993-1996)

rekor tak terkalahkan sepakbola Brazil
Brazil

Mungkin tak mengejutkan, dengan keberhasilan Brazil memegang rekor tak terkalahkan di ajang internasional. Tim samba melakukan pencapaian tersebut dari tahun 1993 hingga 1996.

BACA JUGA
Kata Legenda Brasil Ini, Jalan Coutinho Menuju Barca Terbuka Lebar

Dalam catatan impresif tersebut, skuat asuhan Carlos Alberto Pereira memenangkan Piala Dunia 1994 di Amerika yang menjadikan kemenangan tim Samba untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 24 tahun terakhir. Pemain yang terlibat dalam peristiwa tersebut diantaranya ada nama Romario, Dunga, dan Cafu.

Dan tim yang berhasil memutus rantai kemenangan Selecao adalah Meksico pada tahun 1996. Kemudian kalah 3-0 dari Prancis di Piala Dunia 1998, sekaligus memutus dominasi Brazil selama kurun waktu empat tahun.

 

9. Barcelona – 39 Pertandingan (2015-2016)

Rekor Tak Terkalahkan Barcelona

Rekor Barca tersendiri tercipta pada musim lalu dalam rekor tak terkalahkan sebanyak 39 laga di semua ajang kompetisi. Pasca kekalahan kontra Sevilla pada Oktober 2015, El Barca kemudian memulai kampanye tak terkalahkan mereka. MSN menjadi kreator terciptanya rekor tersebut, dan keberhasilan mereka dihentikan oleh sang rival Real Madrid di laga El Clasico bulan April 2016.

Dalam total 39 pertandingan sejak Oktober 2015 hingga April 2016, Barcelona meraih 30 kali kemenangan dan sembilan kali seri. Selama periode tersebut, Lionel Messi dkk mencatat rekor gol impresif 122 kali menjebol gawang lawan dan hanya kebobolan 23 gol saja. Musim 2015-16 Barcelona memenangi La Liga dan Copa Del Rey serta Pia Super Eropa dan Piala Dunia antar-klub.

 

8. Real Madrid – 39 Pertandingan (2016-2017)

rekor tak terkalahkan sepakbola Real Madrid
Real Madrid

Real Madrid baru saja menyamai rekor tak terkalahkan Barcelona. Los Blancos memulai parade rekor ini setelah menelan kekalahan dari Wolfsburg di ajang Liga Champions. Dan kemudian skuat asuhan Zidane melesat hingga memenangkan Liga Champions, UEFA Super Cup, dan yang terakhir Piala Dunia Antarklub.

El Real masih bisa memecahkan rekor Barcelona, jikalau bisa mengalahkan Sevilla di ajang Copa del Rey hari Kamis mendatang. Dan sekaligus menobatkan diri sebagai tim nomor satu Spanyol yang memiliki rekor tak terkalahkan terpanjang.

 

7. Juventus – 43 Pertandingan (2011-2013)

rekor tak terkalahkan sepakbola juventus

Menjadi tim ketiga dalam sejarah Serie A yang membuat semusim penuh tak terkalahkan, Juve pun mengakhiri kompetisi 2011-2012 dengan Scudetto. Saat itu Antonio Conte masih menukangi Bianconeri, ia memperoleh 38 laga tanpa kalah di Liga serta sisanya di ajang lainnya. Memang sejak rezim Conte, Si Nyonya Tua menjadi klub penguasa lagi sejak kasus Calcio Polli yang memaksa tim Zebra turun kasta.

BACA JUGA
Navas Kurang Menjual, Real Madrid Bidik 'The Next Buffon'?

 

6. Arsenal – 49 Pertandingan (2003-2004)

rekor tak terkalahkan sepakbola Arsenal
Arsenal

Mungkin saat ini Arsenal hanya menjadi bahan olokan dan bagi para fans muda mereka ha ini sangat memalukan. Faktanya The Gunners menjadi satu-satunya tim yang tak pernah kalah dalam satu ajang kompetisi Liga Inggris.

Skuat asuhan Arsene Wenger membabat 49 laga di semua ajang kompetisi, sebelum Wayne Rooney bersama Manchester United menghentikan laju impresif The Gunners pada Oktober 2004.

 

5. Bayern Munchen – 53 Pertandingan (2012-2014)

Rekor Tak Terkalahkan Bayern Munchen
Bayern Munchen

Cukup mengejutkan bahwa Bayern Munchen memegang rekor tak terkalahkan terpanjang di Bundesliga, dengan melewati pencapaian Arsenal yang nampaknya mustahil ada tim lain yang bisa meraih rekor selain itu.

Die Roten memiliki rekor empat pertandingan lebih banyak dari Arsenal yakni dengan 53 laga tak kalah. Di dalamnya termasuk 19 kemenangan beruntun oleh raksasa Bavaria pada musim 2013/14. Menjadi rekor terbaru Bundesliga dan yang terbaik di lima top liga daratan Eropa.

 

4. Ajax – 52 Pertandingan (1994-1995)

Rekor Tak Terkalahkan

Edwin van der Sar, Michael Reiziger, De Boer bersaudara, Edgar Davids, Clarence Seedorf, Rijkaard, Danny Blind, Nwanko Kanu, Marc Overmars, Jari Litmanen adalah nama-nama beken dalam skuat Louis van Gaal kala itu. Skuat paling mentereng yang pernah dimiliki klub Liga Belanda dalam dua dekade terakhir. Sepanjang musim 1994-95, Ajax tak terkalahkan di Eredivisie maupun Liga Champions. Ajax memenangi trofi kuping besar dengan mengandaskan AC Milan di final berkat gol tunggal pemain pengganti berusia 18 tahun, Patrick Kluivert.

Musim berikutnya Ajax gagal mempertahankan gelar Liga Champione setelah kalah dari Juventus dalam drama adu penalti. Diikuti dengan eksodus besar-besaran bintang-bintang mereka ke klub-klub kaya Eropa yang juga menandai berakhirnya cerita Ajax sebagai tim terhebat di Eropa kala itu.

BACA JUGA
[TOP 5] Pemain Yang Berpeluang Hijrah Ke Bayern Munchen

 

3. FC Porto – 55 Pertandingan (2010-2012)

FC Porto
FC Porto

Dimulai pada bulan Maret 2010, pada saat itu pencapaian Porto masih bisa tetap terjaga meski mereka mengganti jajaran pelatih dari tangan Andre Villas-Boas kepada Jesualdo Ferreira. Hal itu tercipta manakala mereka berhasil menjadi raksasa Portugal dikombinasikan dengan jawara Liga Eropa.

Nama-nama seperti Hulk, Radamel Falcao, dan James Rodriguez merupakan anggota tim saat itu.

 

2. AC Milan – 58 Pertandingan (1991-1993)

AC Milan
AC Milan

Rossoneri pernah menjadi klub yang paling menakutkan di daratan Eropa, AC Milan mempertahankan juara Liga Champions pada tahun 1989 ke 1990 di bawah asuhan Arrigo Sacchi. Sebelum suksesornya Fabio Capello mendapatkan tiga Scudetti secara beruntun, yang kemudian menobatkan diri sebagai tim yang paling banyak rekor tak terkalahkan dalam level tertinggi di dunia sepakbola.

Milan memenangkan Scudetto tahun 1992 tanpa menderita kekalahan dan membuat lima dari tujuh final Liga Champions antara tahun 1989-1995. Pemain yang terlibat dalam masa keemasan itu adalah Franco Baresi, Ruud Gullit, Frank Rijkard, dan Marco Van Basten.

Catatan: beberapa sumber mencatat berbeda-beda rekor tak terkalahkan Milan di periode 1991-1993. Ada yang menulis 36 dan 42 laga tak terkalahkan sepanjang 1991-1992 karena AC Milan kalah di leg kedua semifinal Coppa Italia 1992 dari Juventus. Angka 58 laga tak terkalahkan Milan bersumber dari situs resmi UEFA.

 

1. Steaua Bucharest – 119 Pertandingan (1986-1989)

Steaua Bucharest
Steaua Bucharest

Dan tim yang memuncaki daftar tim dengan rekor tak terkalahkan terpanjang adalah klub asal Rumania ini yakni Steaua Bucharest. Rekor ini menakjubkan karena mereka mempertahankan rekor tak kalah dalam kurun waktu tiga tahun lamanya.

Dalam rekor tersebut, mereka berhasil menggondol piala domestik secara beruntun. Bahkan tak hanya itu, Steaua juga mengangkat trofi Liga Champions pada tahun 1986 dengan mengalahkan Barcelona di babak final dengan adu tendangan penalti.

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

Komentari Artikel Ini