in

Klasemen Liga Inggris Pekan Ke-38: Chelsea Tutup Musim Dengan Sempurna, Empat Besar Penuh Drama, Kane Amankan Sepatu Emas

Sepakbola.com – Premier League musim 2016/17 telah resmi ditutup. Chelsea bertengger kokoh di puncak klasemen Liga Inggris pekan ke-38 dan berhak atas mahkota juara musim ini. Ada pula kisah menarik dari perebutan empat besar antara Liverpool dan Arsenal.

Chelsea sebenarnya sudah memastikan juara setelah menang 1-0 atas West Bromwich Albion pada pekan ke-36 lalu. Namun demikian, itu tak menyurutkan semangat Eden Hazard dan kolega untuk menyapu bersih sisa laga dengan kemenangan.

Usai susah payah menang 4-3 atas Watford, tim London Biru akhirnya menutup musim dengan membantai Sunderland 5-1 di Stamford Bridge, Minggu (21/5) malam WIB. Lima gol kemenangan the Blues disumbang oleh Willian, Hazard, Pedro serta dua gol Batshuayi.

Salam perpisahan John Terry

Pertandingan melawan Sunderland itu juga menjadi momen perpisahan bagi sang kapten John Terry. Laga sempat dihentikan di pertengahan babak pertama untuk memberikan salam perpisahan dengan cara yang unik. Terry ditarik keluar tepat di menit 26, yang merupakan angka identik dengan nomor punggungnya, dan digantikan oleh Gary Cahill.

Sementara itu Tottenham Hotspur, sang runner-up, justru memperlihatkan keberingasannya dalam dua pekan terakhir musim. Setelah membantai juara bertahan Leicester City 6-1, armada Mauricio Pochettino menutup musim dengan kemenangan 7-1 atas Hull City.

Tanda-tanda keperkasaan Spurs sudah terlihat selama paruh pertama di mana mereka mampu unggul berkat dua gol Harry Kane dan satu dari Dele Alli. Gelontoran gol The Lilywhites akhirnya tak terbendung selepas turun minum, dengan Kane mencatatkan hattrick dan tiga gol lain diciptakan olah Victor Wanyama, Ben Davies dan Toby Alderweireld.

Persaingan sengit justru masih terjadi di wilayah empat besar. Seperti telah diprediksi sebelumnya, Manchester City tak menemui kesulitan berarti ketika menang 5-0 atas Watford. Sebuah hasil yang menempatkan posisi tim besutan Pep Guardiola di peringkat ketiga klasemen akhir.

BACA
Mourinho Menuduh Pemain Timnas Inggris Pura-pura Cedera

Liverpool menangi persaingan kontra Arsenal

Liverpool sempat dibuat ketar-ketir ketika bermain tanpa gol selama kurang lebih 45 menit di babak pertama melawan Middlesbrough. Itu karena di saat bersamaan, Arsenal sedang dalam kondisi memimpin dua gol atas Everton. Maka di situasi tersebut, Arsenal berada di peringkat keempat lantaran hanya selisi satu poin dari Liverpool.

The Reds asuhan Jurgen Kloop pantas berterima kasih pada Georginio Wijnaldum, karena berkat gol pemecah kebuntuan darinya sesaat sebelum turun minum, mampu memompa semangat timnya untuk memastikan kemenangan 3-0 atas tim degradasi tersebut. Maka kemenangan 3-1 Arsenal atas Everton menjadi sia-sia, dan Liverpool berhak lolos ke kualifikasi Liga Champions musim depan.

Hasil pertandingan pekan ke-38 Liga Inggris.

Pekan pamungkas 2016/17 juga menjadi saat-saat yang tak bisa dilupakan sejumlah penggawa muda Manchester United. Dengan kondisi sudah bakal finis posisi enam dan masih ada pertandingan final Liga Europa, Jose Mourinho memutuskan untuk memainkan sejumlah pemain mudanya.

Tercatat, ada 10 bintang muda MU yang dibawa untuk melawan Crystal Palace, tiga di antaranya bahkan menjalani debut sebagai starter. Mereka adalah Josh Harrop, Demetri Mitchell dan Scott McTominay. Terlebih lagi bagi Harrop, yang mampu menciptakan gol cantik sebagai pembuka keunggulan dari kemenangan 2-0 United atas Palace. Mourinho juga memberikan debut kepada Angel Gomez, pemuda berusia 16 tahun. Gomez juga mencatatkan diri sebagai pemain pertama kelahiran tahun 2000 yang mentas di Premier League, sekaligus pemain termuda yang tampil untuk Manchester United sejak Duncan Edwards pada 1953 silam.

Klasemen pekan ke-38 Liga Inggris.

Sepatu emas milik Kane

Torehan hattrick ke gawang Hull City memastikan trofi Sepatu Emas musim ini jatuh ke dalam genggaman Harry Kane. Penyerang Tottenham Hotspur itu mengoleksi 29 gol, unggul empat gol dari Romelu Lukaku dan lima dari Alexis Sanchez.

BACA
Olivier Giroud Akan Lewatkan Derby London Utara

Ini merupakan gelar top skor kedua sepanjang karier Kane. Musim lalu Kane juga menjadi pencetak gol tersubur dengan torehan 25 gol.

Top Skor pekan ke-38 Liga Inggris.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%