Alexis Sanchez dan Mesin Gol Tertajam Arsenal

,

[TOP 5] Alexis Sanchez Dan 4 Mesin Gol Tertajam Arsenal Yang Tembus 20 Gol Semusim

Sepakbola.com, London – Alexis Sanchez menahbiskan diri sebagai salah satu mesin gol tertajam Arsenal sepanjang sejarah Premier League. Alexis telah menjadi pemain kelima Arsenal yang mampu menciptakan 20 gol atau lebih dalam satu musim kompetisi Premier League.

Gol Sanchez di pertandingan melawan Southampton membuat pemain asal Chili itu bergabung dengan Thierry Henry, Ian Wright, Robin van Persie dan Emmanuel Adebayor sebagai pemain The Gunners yang mampu menciptakan 20 gol atau lebih dalam satu musim.

Sanchez nyaris mencapai rekor itu pada musim pertamanya di Arsenal, di mana ia mencetak 16 gol di Premier League, namun pada musim kedua ia hanya mampu menciptakan 13 gol dalam musim yang mengecewakan untuk Arsenal.

Kini Alexis Sanchez telah menciptakan 23 gol untuk Arsenal hingga pekan ke-37, dan masih akan berjuang untuk membawa timnya meraih posisi empat besar untuk mendapatkan tiket ke Liga Champions musim depan.

Lalu bagaimana dengan empat pemain lain yang juga telah mencapai torehan 20 gol semusim untuk Arsenal? Bagaimana kiprah mereka saat menciptakan rekor tersebut? Mari kita kilas balik.

Alexis Sanchez

Setelah gol kemenangannya dalam pertandingan semifinal Piala FA melawan Manchester City, Arsene Wenger melayangkan pujian kepada Alexis, dan menyebutnya sebagai pemain yang istimewa di lini depan.

“Dia sangat efisien. Saya merasa bahwa dia memiliki permainan yang sangat bagus saat dia bermain di depan. Saat bermain di sayap, dia lebih merupakan pengumpan daripada pencetak gol. Saat ini dia bermain dalam peran campuran antara sayap dan tengah. Dia selalu bisa tampil dengan sesuatu yang istimewa,” ujar Wenger.

Ian Wright

Ian Wright adalah penyerang terbaik yang pernah dimiliki oleh Arsenal, sebelum kedatangan Thierry Henry. Ian Wright didatangkan Arsenal dari Crystal Palace pada bulan September 1991 dengan harga 2,5 juta pounds, yang pada saat itu memecahkan rekor transfer klub.

BACA
Meski Terbuang di Arsenal, Lucas Perez Dapat Tujuh Tawaran

Ia mampu langsung ‘nyetel’ dengan permainan The Gunners dan mencetak hat-trick pada laga debutnya di liga melawan Southampton. Dia memenangkan Golden Boot di musim pertamanya dengan mencetak 29 gol di liga, dengan 5 gol di antaranya ia cetak saat masih membela Crystal Palace.

Pada musim 1993/94, Wright kembali mampu menciptakan lebih dari 20 gol untuk Arsenal dalam satu musim kompetisi liga, di mana ia menorehkan 23 gol dan juga melengkapinya dengan 3 assist. Namun itu belum cukup, pada musim 1996/97, Wright kembali mampu menciptakan 23 gol di Premier League sebelum akhirnya memutuskan untuk menginggalkan Arsenal pada tahun 1999.

Thierry Henry

Inilah legenda terbesar milik Arsenal. Thierry Henry didatangkan oleh Arsene Wenger dari Juventus, setelah gagal untuk berkembang di klub Italia itu sebagai pemain sayap kiri. Di Arsenal, Wenger memutuskan untuk memainkan Henry sebagai penyerang tengah, dan hasilnya berbuah luar biasa baik.

Pada musim ketiganya bersama Arsenal, musim 2001/02, Henry berhasil menciptakan 24 gol dalam 33 penampilannya di kompetisi Premier League. Dan penyerang asal Prancis itu terus mampu menciptakan lebih dari 20 gol dalam empat musim berikutnya.

Torehan terbaik Henry dalam satu musim muncul pada musim 2003/04, di mana ia menciptakan 30 gol dan membawa The Gunners meraih gelar juara Premier League dengan tidak terkalahkan di sepanjang musim.

Emmanuel Adebayor

Nama Adebayor saat ini mungkin akan lebih banyak menimbulkan rasa benci di dada para fans Arsenal, terutama karena selebrasi golnya ke gawang Arsenal saat ia membela Manchester City, namun tetap tak bisa dipungkiri bahwa ia pun pernah tampil tajam untuk The Gunners.

Adebayor mulai bermain untuk Arsenal pada musim 2005/06, namun ia belum mampu tampil tajam di musim pertamanya, dan hanya berhasil menciptakan 4 gol dalam 13 penampilan. Baru pada musim ketiganya, ia bisa diharapkan sebagai mesin gol utama tim.

BACA
Diminati Liverpool dan Chelsea, Oxlade-Chamberlain Enggan Perpanjang Kontrak

Pada musim 2007/08, Adebayor terbebas dari cedera di sepanjang musim dan mampu bermain di 36 pertandingan liga dan menciptakan 24 gol. Itu adalah kali terakhir Adebayor mampu mencapai 20 gol atau lebih di kompetisi Premier League, dan hingga kini ia tak mampu mencapai prestasi serupa meski telah berpindah-pindah klub.

Robin Van Persie

Robin Van Persie didatangkan oleh Arsene Wenger pada musim 2004/05, namun ia tak mampu langsung tampil tajam. Pada musim pertamanya, Van Persie mendapatkan kesempatan bermain di 26 pertandingan, namun hanya mampu menciptakan 5 gol.

Kesulitan Van Persie terus berlanjut di musim keduanya, di mana ia kembali hanya menciptakan 5 gol. Dan setelah mengalami performa yang naik turun, akhirnya Van Persie mencapai puncak performanya pada musim 2011/12, dengan torehan 30 golnya.

Itu menjadi musim terakhir Van Persie di Arsenal, karena pada musim berikutnya ia “berkhianat” ke klub rival Manchester United.

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro