in

3 Alasan Kenapa Kyle Walker Rekrutan Hebat Bagi Manchester City

Sepakbola.com, Manchester – Kyle Walker baru saja diresmikan sebagai pembelian teranyar Manchester City. Bek kanan Inggris ini ditebus dari Tottenham Hotspur dengan nilai transfer fantastis yang diperkirakan mencapai 50 juta Poundsterling.

Praktis ia kini menjadi pemain bertahan termahal di dunia menggeser pemegang rekor sebelumnya, John Stones, yang ditransfer Manchester City dari Everton pada musim lalu dengan harga 47.5 juta Poundsterling.

Pembelian mahal ini bukanlah sekedar aksi buang-buang uang dari City, melainkan memang sudah seharusnya seperti ini. Mengingat Walker adalah british player, yang begitu langka bakat hebatnya, dan juga memiliki status homegrown. Karena itu eks Leeds United ini pantas saja dibanderol dengan uang sedemikian banyak.

Terlebih saat ini The Citizens tengah kekurangan tenaga di sektor fullback, usai membuang sejumlah pemain lamanya seperti Gael Clichy, Bacary Sagna, dan Pablo Zabaleta. Kedatangan Walker jelas sebuah suntikan energi yang amat baik bagi tim asuhan Pep Guardiola jelang dibukanya musim baru Premier League.

Namun tidak hanya mahal dan punya nama besar, Walker rupanya juga punya sesuatu yang bisa menjanjikan. Jika Manchester Biru bisa memaksimalkan kemampuan penggawa inti timnas Inggris ini, niscaya mereka bisa mendapatkan sejumlah keuntungan di bawah ini.

1. Serangan yang lebih tajam

Untuk urusan barisan penyerang, tampaknya City tidak perlu melakukan perombakan mayor. Kedatangan Bernardo Silva dari AS Monaco pada beberapa waktu lalu hanya menambah deretan nama-nama bintang di lini depan yang sebelumnya sudah diisi Sergio Aguero, Raheem Sterling, David Silva, Gabriel Jesus, Kevin de Bruyne, dan Leroy Sane.

Akan tetapi dengan masuknya Walker ke dalam skuat, maka sektor ini akan makin kuat. Meski berposisi sebagai pemain belakang, ia diyakini bisa memberi dimensi berbeda dalam skema serangan City.

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Sampdoria 3-2 Juventus: Bianconeri Tersakiti Di Luigi Ferraris

Menurut statistik Squawka, sepanjang musim lalu Kyle Walker telah membuat 34 umpan kunci. Lima di antaranya bahkan berbuah asisst. Angka itu tak mampu disamai Sagna maupun Zabaleta yang masing-masing hanya punya tujuh dan delapan umpan kunci serta masing-masing satu assist.

Ini merupakan berita baik bagi City yang pada 2016/2017 banyak mengandalkan sisi kanan mereka untuk memulai serangan dengan presentase sebanyak 18.5%. Sisi kiri sendiri hanya kebagian jatah 15.5%.

2. Kecepatan dan stamina

Kecepatan adalah salah satu senjata terbaik dari Walker. Pada musim lalu pemain 27 tahun ini tercatat punya top speed mencapai 35.18 km/jam. Ini akan membuat pelatih Pep Guardiola senang bukan main.

Seperti yang jamak diketahui, manajer asal Spanyol itu gemar melibatkan fullback dalam skema-skema ofensifnya. Jika para fullback melakukan overlaping, maka akan terbuka ruang dan opsi menyerang makin banyak bagi striker dan para inside forward.

Selain itu dengan usianya yang masih berada di masa emas pesepakbola, Kyle Walker masih diberkahi stamina prima. Tercatat ia rata-rata melakukan 1.06 dribel per laganya. Jauh unggul dari Sagna dan Zabaleta yang sudah berkepala tiga, di mana hanya ada 0.18 dan 0.40 dribel yang dibuat.

3. Kemampuan bertahan mumpuni

Kyle Walker memang pemain dengan naluri menyerang yang sangat tinggi, namun bukan berrati ia lupa dengan tugasnya yang lain yakni bertahan. Sepanjang musim lalu dia mampu membuat 53 tekel, 36 memotong umpan lawan, tujuh block, 100 sapuan, dan memenangi 58 duel udara.

Catatan itu jauh melewati Sagna dan Zabaleta yang hanya punya 16 dan 31 tekel, 21 dan 28 potongan, 3 dan 0 blok, 49 dan 43 sapuan, serta 35 dan 22 duel udara sukses. Meski jatah bermain Walker lebih banyak (33), tidak dipungkiri ia tetaplah lebih unggul ketimbang Sagna (17) dan Zabaleta (20). (Sumber: Realsport 101)

BACA
Tertinggal Jauh Di Klasemen, Lloris Tak Ingin Spurs Pikirkan Gelar Premier League

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%