, ,

Tidak Peduli Soal Harga, Liverpool Diharapkan Segera Akhiri Saga Transfer Gelandang RB Leipzig

Sepakbola.com, Merseyside – Dengan semakin dekatnya musim 2017/2018, Liverpool dituntut segera merampungkan pembenahan skuatnya, termasuk merekrut gelandang RB Leipzig Naby Keita, yang kabarnya terkendala soal harga.

Keita jadi salah satu kunci sukses Leipzig yang meledak di Bundesliga musim lalu meski berstatus tim promosi. Tampil dalam 31 laga, gelandang tangguh asal Guinea ini mampu mengantarkan Die Roten Bullen finish di posisi kedua, di tas tim yang lebih mapan seperti Borussia Dortmund.

Dalam prosesnya Keita mampu menyarangkan delapan gol serta tujuh assist. Ini membuatnya jadi penampil terbaik bagi tim yang bermarkas di Redbull Arena ini berdasarkan statistik Whoscored dengan nilai 7.60.

Usai tampil konsisten pada musim peratamnya mentas di kasta teratas sepak bola Jerman, gelandang RB Leipzig itu langsung menjadi target buruan sejumlah klub besar di musim panas ini. Liverpool jadi peminat yang paling getol melakukan pendekatan karena sejak lama Jurgen Klopp memang gemar mengumpulkan para pemain dari Bundesliga.

Namun tawaran bernilai besar dari The Reds untuk Keita berulangkali dimentahkan oleh Leipzig. Proposal pertama yang bernilai 57 juta Poundsterling sudah ditolak dan yang kedua dengan nilai 65 juta Poundsterling pun belum mendapat respon positif. Padahal jika kata sepakat tercapai maka Keita akan jadi pemain termahal sepanjang sejarah transfer kedua klub.

Wajar apabila Leibzig mempertahankan mati-matian midfielder belia 22 tahun mereka. Pasalnya pada musim mendatang mereka akan berkompetisi di Liga Champions yang mana butuh lebih dari sekedar kualitas untuk bertahan lama disana. Banyak pemain mereka yang juga ingin dibeli oleh klub lain seperti Emil Forsberg, Timo Werner, ataupun Yussuf Poulsen namun tidak ada satupun yang resmi pergi.

BACA
Resmi Pindah Ke Lazio, Begini Salam Perpisahan Lucas Leiva Untuk Liverpool

Hal ini membuat mantan pemain Liverpool era 1981-1994, Steve Nicol, menjadi jengah. Ia berharap mantan klubnya tersebut segera membeli gelandang RB Leipzig, berapapun harga yang diminta.

“Lupakan soal harganya dan segera datangkan dia. Uang bukanlah masalah,” papar Nicol pada ESPN FC.

“Keita bisa memberi tambahan kualitas pada Liverpool dan itu tidak diragukan lagi. Ia masih muda dan berpeluang jadi super star. Beli saja dia. Aku tidak peduli seberapa banyak uang yang harus dihabiskan,” tutur eks fullback Skotladian yang punya lima titel liga bersama Merseyside Merah ini.

Kengototan Nicol pada transfer Keita ini sebenarnya bisa dibuktikan dengan statistik. Dalam urusan tekel, umpan kunci, assist, jumlah gol, potongan, dan dribel ia tidak kalah dari para gelandang reguler Liverpool macam Jordan Henderson dan Emre Can.

Catatan dari Squawka menunjukkan Keita nyaris unggul semuanya (55,34,7,8,82,77) ketimbang Can (52,31,2,5,29,21) dan Henderson (65,27,4,1,44,5). Hanya masalah duel udara Keita kala jauh dari keduanya (59,24) di musim lalu karena hanya menuntaskan 18 angka sukses yang mana patut dimaklumi karena tinggi badannya hanya 172 cm. (Sumber: Daily Express)

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

Loading…

Komentari Artikel Ini