in , , ,

10 Besar Ranking Klub Eropa: Real Madrid Tetap No.1, Liga Inggris Hanya Punya Satu Wakil

10 Besar Ranking Klub Eropa

Sepakbola.com, London – UEFA baru saja merilis koefisien ranking klub Eropa, dan Liga Inggris menjadi kompetisi yang klub-klubnya paling anjlok dari segi posisi. Sistem penilaian berdasarkan kalkulasi penampilan klub di kompetisi Eropa selama lima musim belakangan.

Salah satu yang tak mengejutkan adalah nangkringnya Real Madrid di posisi teratas. Menyusul pencapaian mereka yang berhasil merengkuh gelar Liga Champions secara back-to-back. Bahkan Los Merengues memecahkan rekor perolehan poinnya dengan jumlah 151.871. Ini menjadi peringkat pertama dalam empat musim beruntun bagi El Real.

Sementara pada posisi lima besar dihuni oleh tim-tim langganan perempatfinal Liga Champions Bayern Munchen, Barcelona, Juventus dan Atletico Madrid. Bahkan mengejutkannya lagi, Atletico nangkring di posisi kedua.

Manchester City wakili Inggris di 10 Besar

Di posisi 10 besar sendiri, hanya ada satu perwakilan klub dari Liga Inggris yakni Manchester City. Chelsea yang menjadi juara Liga Inggris musim lalu turun sebanyak lima peringkat menjadi ke-13, menyusul absennya mereka di kompetisi Eropa musim lalu.

Ini menjadi kali pertama hanya ada satu klub Inggris di posisi 10 besar, sejak terakhir kali terjadi saat Inggris dihukum sepakbola Eropa karena tragedi Heysel.

Arsenal berada di urutan ke-11, Manchester City sembilan, dan Manchester United berada di urutan ke-15. Sementara Tottenham berada di peringkat 20 dan yang terparah Liverpool terlempar hingga posisi ke-34.

10 besar ranking klub Eropa
Manchester City peringkat ke-9: Setelah Chelsea terlempar ke peringkat 13, Manchester City menjadi satu-satunya wakil Liga Inggris di 10 besar ranking klub Eropa.

Spanyol masih nomor satu

Hasil tersebut sebagai representasi atas penampilan buruk sejumlah klub Inggris di kancah Eropa sejak terakhir kali Chelsea menyabet gelar juara pada tahun 2012 silam. Bahkan pada musim lalu, hanya Leicester City yang mampu tembus perempatfinal.

Ranking tim-tim Inggris pada tahun lalu di 10 besar, mewakilkan dua nama. Dan beberapa tahun sebelumnya mewakilkan tiga tim di posisi tersebut. Ini mengisyaratkan penurunan kualitas yang terjadi dengan Liga Inggris selama kurun waktu 10 tahun terakhir.

BACA
Punya Waktu Istirahat Singkat, Hazard Optimistis Tatap Laga Kontra Liverpool

Simak saja ketika pada tahun 2009-10, peringkat koefisien klub Inggris cukup mumpuni, ada Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool yang masuk ke dalam jajaran lima besar, dengan Barcelona sebagai pemuncaknya kala itu.

Selain merujuk pada penampilan klub-klub di kompetisi Eropa, UEFA juga merilis peringkat negara. Spanyol sendiri masih nyaman berada di peringkat tertinggi, Jerman di urutan kedua, Inggris di urutan ketiga, dan Italia di posisi empat. Sementara Prancis bersama Rusia naik peringkat ke posisi lima dan enam menggeser Portugal.

Dalam peraturan baru yang akan berlaku mulai 2018, empat negara dengan koefisien tertinggi akan mendapat jatah empat wakil otomatis ke fase grup Liga Champions. Sementara negara berperingkat lima dan enam mendapat jatah dua wakil otomatis plus satu wakil ke babak play-off.

Penilaian untuk ranking baru akan dimulai lagi tahun ini dan diakumulasikan dengan koefisien lima tahun ke belakang. Jadi seberapa jauh lima perwakilan Inggris di kancah Liga Champions, itu pun jika Liverpool mampu lolos playoff, bisa bersaing meruntuhkan dominasi Spanyol. (Sumber: UEFA)

Berikut daftar 10 besar ranking klub Eropa:

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantprp

What do you think?

-6 points
Upvote Downvote

Total votes: 8

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 12.500000%

Downvotes: 7

Downvotes percentage: 87.500000%