,

Burnley Bungkam Chelsea Di Pekan Pertama, Rekor 49 Tahun Jadi Terhenti

Sepakbola.com, London – Kekalahan mengejutkan Chelsea dari Burnley di pekan pertama Liga Inggris ternyata menyimpan satu cerita unik. Untuk pertama kalinya dalam 49 tahun terakhir ada juara bertahan yang nirpoin di laga pembuka selama dua musim berurutan.

Sebagai juara bertahan liga, jadwal pekan pertama Chelsea di 2017/2018 terbilang cukup enak. N’Golo Kante Cs akan bermain di kandang dan lawannya pun ‘hanya’ Burnley yang notabene adalah tim yang dekat dengan zona degradasi musim lalu. Namun ternyata anggapan itu semuanya salah.

Baru 14 menit laga berjalan di Stamford Bridge, Chelsea sudah harus bermain dengan 10 orang saja menyusul kartu merah yang diacungkan wasit pada Cahill. Burnley pun memanfaatkannya dengan memborong tiga gol sekaligus yang bergiliran dicetak oleh Sam Vokes (dua gol) dan Stephen Ward.

Di babak kedua permaianan tuan rumah membaik namun sampai akhir laga hanya ada dua gol yang mampu dibuat lewat Alvaro Morata dan David Luiz. Sialnya Cesc Fabregas pun turut masuk ruang ganti lebih awal karena menerima kartu kuning kedua. Meski susah payah The Clarets pun berhak membawa tiga poin.

Tidak hanya merugikan bagi Chelsea dan tentu saja kaier kepelatihan Antonio Conte di London Barat, hasil 2-3 di Stamford Bridge ini juga menyisakan satu cerita unik.

Untuk pertama kalinya dalam 49 tahun di dua musim beruntun, tim yang memegang status juara bertahan harus menanggung kekalahan di pekan perdana. Ini sesuai dengan laporan yang didapatkan oleh Opta.

Pada kampanye 2016/2017 lalu dengan juara bertahan Leicester City yang jadi awal mulanya. The Foxes yang masih dilatih oleh Claudio Ranieri kala itu takluk dari Hull City di pekan pertama. Sisa kisahnya jelas kita semua tahu seperti apa. Terakhir kali ada situasi macam ini adalah di musim 1967/1968 dan 1968/1969 kala Manchester United dan Manchester City yang jadi juara bertahan.

BACA
5 Rintangan Yang Bisa Menghalangi Ambisi Chelsea Pertahankan Gelar Premier League

Tampaknya Conte harus lebih waspada lagi di sisa musim yang masih punya 37 partai tersisa. Pasalnya ia sudah berjanji tidak mengulangi apa yang dituai oleh Ranieri dan Jose Mourinho yang justru dipecat usai mengangkat trofi Premier League di musim sebelumnya. (Sumber: Goal)

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata