in

5 Hal Yang Harus Diselesaikan Timnas Brasil Sebelum Ikuti Piala Dunia 2018

Sepakbola.com – Dengan Piala Dunia 2018 yang akan bergulir kurang lebih sembilan bulan lagi, tim nasional Brasil menunjukkan potensi untuk menjadi salah satu kandidat juara di Rusia.

Pasukan Tite mampu tampil meyakinkan untuk berdiri di puncak klasemen Zona CONMEBOL dan telah memastikan kelolosan mereka ke putaran final tahun depan.

Meski begitu, bukan berarti tim Samba saat ini telah sepenuhnya ideal. Masih ada beberapa potensi masalah di beberapa bagian.

Berikut adalah lima hal yang harus diselesaikan oleh Tite sebelum Piala Dunia Rusia bergulir.

Kiper muda yang belum berpengalaman

Empat tahun lalu edisi Piala Dunia Brasil, Luiz Felipe Scolari berjudi dengan memilih Julio Cesar, yang berusia 34 tahun, sebagai kiper nomor satu Selecao. Dan kiper itu mampu membalas kepercayaannya dengan menyelamatkan tim di sesi adu penalti melawan Chile di babak 16 besar.

Tite, di sisi lain, memercayakan tempat utama kepada Alisson, yang menghabiskan sebagian besar musim lalu dengan menyaksikan pertandingan Roma dari bangku cadangan.

Untuk pilihan kedua, Tite memiliki kiper muda lainnya yaitu Ederson, yang mulai musim ini bermain untuk Manchester City. Jika pilihannya tidak berubah, maka Brasil akan membawa tiga kiper pemula ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1990. Dan itu adalah hal yang cukup mengkhawatirkan.

Filipe Luís

Filipe Luis terus tampil konsisten di ini belakang Atletico Madrid. Ia dipandang sebagai salah satu bek kiri tertangguh di Eropa, dengan kemampuannya yang seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Namun di Brasil, ia benar-benar kesulitan untuk menambahkan caps-nya. Kehadiran Marcelo membuat Luis tak mendapat kesempatan untuk tampil di tim inti, sedangkan di sisi kanan, Dani Alves masih memiliki pengaruhnya.

Mencadangkan pemain sekelas Luis adalah hal yang disayangkan, dan jika Tite memiliki pemecahan masalah tersebut, maka itu akan sangat baik.

Duet di lini belakang

Thiago Silva belakangan ini kerap menjadi pemain cadangan di tim Brasil, terutama setelah timnya tersingkir secara mengenaskan di Piala Dunia terakhir.

Namun sekarang perlahan masuk ke dalam pilihan serius Tite. Ia merupakan cadangan langsung dari Miranda atau Marquinhos. Tempat keempat di posisi bek tengah masih diperebutkan oleh beberapa pemain, namun David Luiz kemungkinan akan mendapatkannya.

Melihat duo pemain berpengalaman Thiago Silva dan David Luiz sekarang menjadi cadangan di Brasil adalah hal yang miris. Namun Tite tentu memiliki pendapatnya sendiri.

Susunan lini tengah Selecao

Brasil saat ini memiliki beberapa pemain yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi lini tengah mereka. Philippe Coutinho adalah satu nama di antaranya. Selain itu ada beberapa nama lain seperti Renato Augusto, Fernandinho dan Paulinho.

Namun jika melihat dari performa di klub masing-masing, kehadiran dari Casemiro merupakan kewajiban di lini tengah Brasil. Tite memiliki banyak pilihan gelandang dengan berbagai tipe, dan pilihan strateginya akan sangat krusial untuk mengakomodasi para gelandang berkualitas miliknya.

Roberto Firmino

Roberto Firmino sangat mungkin bermain di Rusia. Tapi itu jika Gabriel Jesus benar-benar mengalami penurunan performa. Dengan adanya Neymar, Willian dan Douglas Costa, maka pilihan Roberto Firmino di tim inti Brasil adalah posisi penyerang tengah.

Firmino harus bersaing dengan Gabriel Jesus untuk mendapatkan kesempatan bermain dari Tite. Sejauh ini Firmino bermain bagus di Liverpool, dan memilih antara dirinya dengan Gabriel Jesus merupakan tantangan bagi Tite.

 

Sumber: ESPN

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%