in

5 Rekor Yang Belum Berhasil Dipecahkan Oleh Lionel Messi

Lionel Messi - Barcelona

Sepakbola.com, Barcelona – Sebagai pemain sepak bola, Lionel Messi dikenal sebagai mesin pemecah rekor. Telah terlalu banyak rekor yang ia pecahkan sejak pertama kali bermain di level kompetitif bersama Barcelona dan tim nasional Argentina. Namun apakah semua rekor telah pecah olehnya, tentu saja tidak. Berikut adalah lima rekor yang masih belum mampu dipecahkan oleh Messi.

Penampilan terbanyak untuk Barcelona

Messi memulai karier klubnya di tahun 2004, saat ia berusia 17 tahun. Dia adalah pemain termuda yang tampil dalam pertandingan La Liga untuk tim Catalan itu sampai rekor tersebut dipecahkan oleh Bojan. Sejak saat itu, Messi berkali-kali memecahkan sejumlah rekor.

Xavi Hernandez Rekor Lionel Messi
Rekor Lionel Messi: Penampilan terbanyak Xavi Hernandez untuk Barcelona masik mungkin menjadi milik Lionel Messi andai La Pulga bertahan hingga pensiun di Catalan.

Namun, Leo Messi masih tertinggal dari Xavi Hernandez dalam hitungan penampilan terbanyak untuk Barcelona. Xavi telah tampil 767 kali untuk Barca dari tahun 1998 sampai 2015. Messi telah tampil di 588 pertandingan untuk Blaugrana. Dia mungkin bisa mengejar jumlah penampilan Xavi jika dia memutuskan untuk tetap bertahan di Barcelona di sisa kariernya.

Penampilan terbanyak untuk Argentina

Di lini depan, Messi juga memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk Argentina. Namun, dia belum menjadi pemain dengan penampilan terbanyak untuk negaranya. Javier Zanetti memiliki caps terbanyak (143) untuk Argentina.

Rekor Lionel Messi
Rekor Lionel Messi: Rekor penampilan terbanyak Javier Zanetti bersama Timnas Argentina masih berpeluang dipecahkan Lionel Messi.

Keputusan mendadak Messi untuk pensiun dari sepak bola internasional setelah kalah dari Chili di Copa America membuat ia mustahil untuk mengejar rekor Zanetti. Namun masa pensiun Messi berumur pendek. Striker tersebut mengumumkan kembalinya dia ke pentas internasional sekali lagi sebelum kualifikasi Piala Dunia. Kepulangannya telah meningkatkan peluangnya untuk melampaui rekor Zanetti. Messi saat ini memiliki 120 caps untuk negaranya.

Penampilan terbanyak pemain Barcelona di final Liga Champions

Dari lima trofi Liga Champions yang telah dimenangkan Barcelona, ​​Messi telah bermain dalam tiga final. Striker tersebut membuat tiga penampilannya di tahun 2009, 2011 dan 2015. Namun, Andres Iniesta menjadi pemain yang memegang rekor untuk penampilan terbanyak di final Liga Champions.

BACA
Simak! 5 Fakta Menarik Markas Barcelona Dalam Peringatan 60 Tahun Camp Nou
Rekor Lionel Messi
Rekor Lionel Messi: La Pulga terpaut satu penampilan di Final Liga Champions dari Andres Iniesta.

Final Liga Champion 2006 tetap menjadi satu-satunya perbedaan antara Iniesta dan Messi. Sebuah cedera membuat Messi gagal tampil di final melawan Arsenal. Namun masih terbuka peluang Messi untuk mengejar rekor Iniesta.

Gol terbanyak dalam satu pertandingan liga

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah memecahkan beberapa rekor mencetak gol di La Liga dan Liga Champions, tapi inilah satu rekor yang masih bertahan selama 86 tahun. Cristiano Ronaldo selangkah lebih maju dari Messi, karena ia telah mencetak 5 gol dalam satu laga La Liga pada dua kesempatan berbeda. Tapi, ada dua pemain dalam sejarah La Liga yang mencetak 7 gol dalam satu laga.

Lionel Messi mencetak 5 gol dalam laga Liga Champions kontra Bayer Leverkusen:

Pemain Athletic Bilbao Agustin Sauto mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan di tahun 1932, sebuah prestasi yang kemudian diulang pada tahun 1952 oleh Laszlo Kubala dari Barcelona. Messi, di sisi lain, hanya mencetak maksimal empat gol dalam satu pertandingan tunggal.

Mencetak gol di semua menit pertandingan

Ini tetap menjadi rekor terberat yang bisa dipecahkan Lionel Messi. Saingan utamanya Cristiano Ronaldo dan mantan rekan setimnya di Barcelona Zlatan Ibrahimovic adalah dua pemain di dunia yang telah memiliki rekor ini. Gol Ronaldo dan Ibra tersebar dari menit-menit awal pertandingan, pertengahan ataupun di masa injury time.

Rekor Lionel Messi
Rekor Lionel Messi: La Pulga perlu mencetak gol di menit-menit awal pertandingan untuk menyamai catatan Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic.

La Pulga terbilang sangat mematikan pada akhir babak pertama dan kedua. Antara menit ke-45 dan akhir (injury time) babak pertama, ia telah mencetak 12 gol. Dari menit ke-90 dan akhir babak kedua, ia telah mencetak 29 gol. Menit lainnya yang merupakan momen baik untuk Leo adalah antara menit 80 hingga 88, di mana ia telah mencetak 43 gol.

BACA
Cara Melatih Valverde Akan Bawa Barcelona Pada Kesempurnaan, Sepakat?

Hingga kini Messi belum pernah mencetak gol pada dua menit pertama pertandingan sepak bola. Jika Messi bisa meraih rekor ini, dia akan menjadi pemain ketiga di dunia yang melakukannya. (Sumber: Sportskeeda)

 

Penulis: Andrie Widyantoro/Editor: Rudi Purwantoro

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%