in

[ANALISIS] AC Milan Memang Pantas Kalah Telak Dari Lazio

Sepakbola.com, Milan – AC Milan secara mengejutkan takluk dengan skor telak 4-1 saat bertamu ke markas Lazio, Minggu (10/9) lalu. Banyak pertanyaan bagaimana Rossoneri yang belanja besar-besaran di musim panas tampak tak berdaya di hadapan Biancocelesti.

Di pertandingan itu, empat gol Lazio dicetak oleh Ciro Immobile dan Luis Alberto. Nama pertama tampil menggila dengan raihan trigolnya yang membuat Leonardo Bonucci dan kolega di lini belakang Milan seakan terlihat seperti kumpulan pemain medioker. Namun jika kita melihat lebih jauh lagi, kekalahan ini memang layak diterima Milan.

Satu jam jelang pertandingan berlangsung adalah waktu yang normal bagi pelatih untuk mengumumkan nama yang masuk starting line-up. Di sinilah mulai terlihat bagaimana pilihan pemain yang dilakukan Vincenzo Montella sangat layak dipertanyakan, terutama di lini tengah dan depan.

Di lini tengah Montella memilih trio gelandang bertahan Ricardo Montolivo, Franck Kessie dan Lucas Biglia. Maksud Montella memainkan tiga gelandang bertahan ini jelas bahwa Milan ingin mengjaga kedalaman lini sentralnya dan melindungi benteng pertahanan.

Namun, strategi itu menjadi blunder sendiri bagi Montella. Memainkan tiga gelandang bertahan secara langsung membuat Milan miskin kreatifitas sehingga lini tengah nyaris dikuasai penuh oleh para gelandang Lazio.

Dengan skema 3-5-2 yang bisa berubah menjadi 5-4-1, Lazio mampu tampil dominan di lini tengah. Selain itu adanya dua gelandang kreatif nancepat seperti Seggej Milnkovic-Savic dan Luis Alberto membuat aliran serangan tim asuhan Simone Inzaghi itu lancar menuju Ciro Immobile yang tampil menggila.

Bintang Lazio Ciro Immobile mencetak hattrick ke gawang Milan. [Foto: Daily Mail]
Kemudian, lini depan menjadi bagian yang paling dikritik dari pilihan pemain Montella di laga tersebut. Alih-alih memasang pemain anyar seperti Hakan Calhanoglu dan Nikola Kalinic, eks pelatih Sampdoria itu justru lebih percaya pada pemain yang sering tampil angin-anginan, Fabio Borini dan penyerang bau kencur, Patrick Cutrone.

BACA
Cadangkan Higuain Di Derby Della Mole, Ini Alasan Allegri

Dua pemain itu menjadi trisula Milan di laga itu bersama Suso Fernandez. Benar saja, Montella seperti menyadari ia memang melaukan kesalahan. Tebrukti, Montella mengganti ketiganya pada babak kedua dan memasukkan Calhanoglu, Kalinic, dan Bonaventura.

Masuknya Calhanoglu membuat permainan Milan sedikit berkembang. Pemain asal Turki itu juga berhasil membuat satu asisst untuk satu-satunya gol Milan yang dicetak oleh Ricardo Montolivo.

Ricardo Montolivo mencetak gol hiburan Milan di Roma. [Foto: Daily Mail]
Setelah mendatangkan banyak pemain baru dan mengamburkan banyak uang, Milan sepertinya masih perlu waktu untuk menyatukan seluruh skuat mereka. Ini adalah pekerjaan rumah yang berat bagi Vincenzo Montella sebagai allenatore.

 

Penulis: Hery Kurniawan/Editor: Avandi Wiradinata

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%