in

Begini Alasan Klopp Soal Keputusan Merotasi Posisi Penjaga Gawang Liverpool

Rotasi Posisi Penjaga Gawang Liverpool Karius Mignolet

Sepakbola.com, Liverpool – Jurgen Klopp kembali memberikan kepercayaan kepada Loris Karius sebagai kiper utama saat Liverpool berlaga di Liga Champions. Namun pelatih asal Jerman itu mengakui hal itu bukan sebagai bentuk kekecewaan terhadap Simon Mignolet.

Posisi kiper 24 tahun asal Jerman itu secara mengejutkan digantikan akhir pekan lalu, padahal ia mampu menjaga gawang The Reds tanpa kebobolan saat menggasak Arsenal 4-0 di Anfield. Mignolet menggantikan posisi di laga kontra Manchester City, yang berujung pembantaian 5-0.

Klopp mengatakan bahwa itu merupakan langkah penting untuk kedua penjaga gawang mendapatkan menit bermain, agar menjaga standar kualitasnya dengan jatah bermain musim ini. Ia pun membantah untuk melabeli siapakah yang pantas menyandang sosok kiper nomor satu The Reds.

“Jika tidak ada yang terjadi hingga malam ini maka Loris akan tampil sejak awal, ya, tapi itu bukan berarti bahwa Karius kiper nomor satu,” ujar Klopp.

“Mengapa menurut kita nomor satu, dua, tiga akan tetap hingga akhir hari? Saya tidak ingin membawa itu dalam keraguan tapi bagaimana bisa Anda menanyakan apakah dia nomor satu? Tapi, itu bukan seperti itu dia tidak akan menjadi nomor satu,”

“Andai mereka berlatih buruk mereka tidak pantas bermain, tapi mereka berdua berlatih dengan sangat baik, mereka tetap pada level yang benar-benar tinggi,”

“Saya lebih suka memiliki sebuah kelompok dari seorang kiper yang bagus dan itu berarti Anda harus mengubah sesuatu.”

Menjaga persaingan dan performa

Klopp menegaskan rotasi kiper tidak ia lakukan untuk menghindari ketidaksenangan pemain yang tak pernah ditampilkan. Ia mengklaim metodenya itu bagus untuk menjaga persaingan kedua kiper.

“Itu adalah rencananya. Tidak terus membuat mereka tetap senang, tidak, untuk menggunakan kualitas dari penjaga gawang dan itu bagaimana seharusnya, untuk tetap menjaga mereka bersaing dan kemudian mereka akan diputuskan dengan performa yang akan dimainkan,” kata Klopp.

BACA
'Ancaman Liverpool Bukan Hanya Dari Salah'

“Apakah semua pemain senang dengan keputusan ini? Saya tidak tahu, itu bukan hal yang saya bisa pikirkan terlalu keras.”

Karius musim lalu diberikan 10 penampilan sebagai kiper utama di Liga Inggris, dalam musim pertamanya di Inggris. Ia tampil pada periode September hingga Desember tapi posisinya kembali dicabut oleh Klopp setelah mendapat kritikan soal penampilan buruknya.

Namun menurut Liverpudlian sendiri, siapakah yang cocok mengisi posisi kiper utama Liverpool? Karius atau Mignolet? (Sumber: This Is Anfield)

Penulis: Maulana Habibi/Editor: Rudi Purwantoro

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%