in

Klasemen Grup B Piala AFF U-18: Myanmar Lumat Filipina, Posisi Indonesia Tertekan

Semifinal Piala AFF U-18 Klasemen Grup B Piala AFF U-18

Sepakbola.com, Yangon – Myanmar sukses meraih kemenangan telak 7-0 atas Filipina dalam laga ketiga babak penyisihan Grup B di Stadion Thuwana, Yangon, Senin (11/9). Kemenangan telak yang diraih tim tuan rumah Piala AFF U-18 2017 ini pun menggeser Indonesia dari posisi kedua klasemen Grup B. Garuda Nusantara sendiri keok 0-3 atas Vietnam U-19 di laga sebelumnyam

Tak hanya itu membuat peluang Indonesia untuk lolos cukup berat mengingat tim asuhan Indra Sjafri harus menang atas Brunei Darussam. Tak hanya menang Egy Maulana Vikri dkk harus bisa mencetak gol dengan margin besar.

Kini Myanmar dan Indonesia sama-sama memiliki enam poin, tapi Myanmar unggul dalam selisih gol. Kemenangan 7-0 membuat mereka memiliki catatan selisih 13 gol, sementara Indonesia hanya tujuh gol setelah kekalahan telak 0-3 dari Vietnam.

Aturan main yang mengedepankan selisih gol membuat persaingan memperebutkan tiket ke semifinal di Grup B tetap seru hingga duel terakhir. Aturan tersebut tertera di pasal 9.1.5 regulasi Piala AFF U-18 2017. Ada tiga tim yang berpeluang mengoleksi poin sama di pengujung fase Grup B.

Persaingan melibatkan Vietnam, Indonesia, dan Myanmar. Pada laga pamungkas, Indonesia lebih dahulu menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9) pada pukul 15:00 WIB. Lalu dilanjutkan Vietnam kontra Myanmar setelah laga Indonesia kontra Brunei Darussalam.

Bila ingin lolos skuat Garuda Nusantara memiliki dua cara. Cara pertama Indonesia harus menang dengan skor sangat besar atas Brunei Darussalam dan Myanmar tak menang besar saat melawan Vietnam. Jika Indonesia menang dengan selisih tujuh gol sementara Myanmar hanya menang 1-0, Indonesia bisa lolos dengan keunggulan produktivitas gol. Jadi jika ingin peluang Indonesia lebih besar maka wajib menang lebih dari tujuh gol.

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Bayer Leverkusen 3-0 Hamburg SV: Der Dino Kalah Empat Kali Beruntun

Tak hanya itu, timnas Indonesia juga bisa lolos dengan berharap Vietnam bisa mengalahkan Myanmar. Namun di satu sisi Indonesia minimal meraih hasil seri saat bertemu Brunei di laga terakhir.

Cuma yang kudu diwaspadai jadwal pertandingan Indonesia versus Brunei digelar lebih dulu dibanding Myanmar kontra Vietnam. Potensi terjadinya main mata terbuka.

Klasemen Grup B Piala AFF U-18

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 60.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 40.000000%