in

Tak Terbayangkan Piala Dunia Tanpa Messi dan Argentina

Tim Tango terancam gagal lolos Piala Dunia 2018 Rusia.

argentina-messi-piala-dunia
Piala Dunia kemungkinan tanpa Argentina dan Lionel Messi

Sepakbola.com – Piala Dunia merupakan pesta pemain pesepakbola terbaik dunia. Namun bila Argentina gagal lolos, maka tidak semua yang terbaik ada di kompetisi terakbar sepakbola ini.

Walau Messi sempat pensiun dari sepakbola internasional usai mendapat tiga kekalahan berturut-turut di laga final, melawan Jerman di Piala Dunia 2014 dan Chile di dua Copa America, Piala Dunia tanpa pemenang lima Ballon d’Or masih tak terbayangkan.

Presiden Argentina, Mauricio Macri, Diego Maradona dan beberapa orang ternama Buenos Aries dikabarkan berusaha meyakinkan Messi untuk berubah pikiran. Bagaimana dia bisa menyerah melepas kesempatan menebus kekalahan final dengan kesuksesan di Rusia?

Kini Piala Dunia 12 bulan lagi akan digelar dan tanpa Messi itu tidak pernah terbayangkan. Namun, ini sepenuhnya bukan salah bintang Barcelona tersebut.

“Leo bagi saya di atas orang lain di lapangan dan jika kita tidak bisa memanfaatkannya itu mengkhawatirkan,” kata pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, setelah timnya ditahan imbang Venenzuela 1-1 (6/9).

Apakah Anda setuju dengan kata-kata Sampaoli yang bersimpati atas penampilan Messi usai mereka seri dua kali berturut-turut di kualifikasi Piala Dunia? Mereka tanpa kemenangan tiga pertandingan terakhir. Statistik menunjukkan Argentina membutuhkan Messi.

Dari delapan pertandingan bersama Messi di kualifikasi CONMEBOL, Argentina memenangkan lima pertandingan  dan meraih 17 poin. Delapan pertandingan tanpa Messi, Tim Tango hanya menang sekali dan mendapat tujuh poin. Argentina bahkan kemungkinan tak ikut Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1970.

Secara teori, Argentina harus menang di dua laga tersisa melawan Peru dan Ekuador kemudian finis di empat besar agar terkualifikasi otomatis. Tetapi sekarang mereka duduk di peringkat kelima, posisi yang akan bermain play-off antar benua.

BACA
Ronaldo Akan Buat Rekor Baru Di Liga Champions

Tetapi, teori bukanlah tolok ukur yang bagus untuk Argentina saat ini. Secara teori harusnya mereka bisa mengalahkan Venezuela minggu ini. Mereka juga harusnya mengalahkan Ekuador, Paraguay (dua kali), dan Bolivia, nyatanya tidak seperti itu.

Sekarang impian mereka untuk ke Piala Dunia hampir menjadi mimpi buruk. Plus, Peru dan Ekuador tidak akan mudah. Peru muda, lapar dan dalam performa yang bagus. Mereka naik ke urutan empat dengan enam kemenangan dari 10 laga. Ekuador juga pernah mengalahkan Argentina.

Semua ini mengarahkan kita ke Piala Dunia tanpa Messi yang tentunya akan berdampak pada Argentina. Bukan hanya itu, Adidas dan sponsor lain akan rugi musim panas tahun depan.

Konsekuensi yang besar dari semua khususnya untuk Messi. Dia akan berusia 31 tahun saat turnamen ini berlangsung. Ini merupakan trofi yang sangat diidamkan untuk menyamakan tempatnya bersama Maradona dan Pele.

Dulu bila sesuatu tidak berjalan baik di Argentina, Messi bisa mencari hiburan di Barcelona. Tetapi sekarang di Barcelona statusnya tidak pasti lagi setelah tersingkir dari perempatfinal Liga Champions dua tahun terakhir.

Di kehidupan pribadi Messi tampak nyaman, menikahi kekasihnya Antonella Roccuzzo yang sudah sangat lama dan sekarang menunggu anak ketiga. Namun, di lapangan berbeda 180 derajat bukan karena usia, tetapi karena klubnya. Kini Argentina harus masti-matian pada bulan Oktober demi tempat di Piala Dunia. (Sumber:espnfc.con/guardian.com)

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Setyo Bagus Kiswanto

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%