in

Tiga Skema Yang Bisa Dicoba Jurgen Klopp Untuk Memasukkan Coutinho Dalam Starting XI Liverpool

Sepakbola.com, Merseyside – Dengan resmi ditutupnya jendela bursa transfer musim panas pada 31 Agustus lalu, maka tertutup pula pintu bagi Philippe Coutinho untuk keluar dari Liverpool. Untuk bisa menghidupkan asanya bermain di Barcelona, setidaknya ia harus menunggu enam bulan lagi hingga bursa transfer musim dingin dibuka.

Itu tandanya mau tidak mau Coutinho harus rela diturunkan lagi ke lapangan dengan balutan jersey Merseyside Merah. Itu satu-satunya opsi agar bisa menjaga kondisi dan performanya sebelum resmi ke Barca nanti (jika jadi). Ia tidak mungkin lagi bersembunyi di balik alasan cedera yang hingga kini diragukan kebenarannya itu.

Masalahnya adalah kini tiga tempat di lini serang Liverpool sudah penuh sesak dengan kedatangan Mohamed Salah yang mengambil posisinya untuk bahu membahu dengan Sadio Mane dan Roberto Firmino. Tidak ada lagi sisi kiri maupun kanan yang biasa Coutinho tempati seperti musim lalu.

Sekarang publik Anfield lebih mengelu-elukan trio baru yang di media sosial dalam negeri serin disebut trio FirManSah tersebut ketimbang mengingat kembali Coutinho di dalam tim favorit mereka.

Namun bagi Jurgen Klopp sang manajer Si Merah, membiarkan ketersediaan Coutinho adalah hal mubazir. Tidak mungkin ia tidak melirik kearah playmaker Brazil yang jadi pemain favoritnya musim lalu itu. Akan tetapi ia tidak bisa juga megganggu stabilitas trio barunya yang tampak sudah nyetel. Padahal jika dimasukkan lagi dalam starting XI kemungkinan Coutinho untuk berubah pikiran tetap terbuka.

Berikut ini Sepakbola.com berikan tiga opsi yang patut dicoba Klopp untuk memaksimalkan Coutinho tanpa menggeser Mane, Salah, ataupun Firmino. Siapa tahu dengan salah satunya The Little Magician bisa cocok dan kembali menunjukkan dedikasinya untuk The Reds.

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Indonesia 3-0 Laos: Garuda Asia Lolos ke Piala Asia U-16

1. Gelandang tengah

Sebenarnya menempatkan Coutinho di lini tengah sudah menjadi rencana Klopp sejak musim lalu. Dengan keberadaannya diharapkan para gelandang Liverpool menjadi lebih kreatif. Itulah mengapa Klopp ngotot ingin mendatangkan Mo Salah sehingga Coutinho bisa dimainkan lebih kebelakang.

Nantinya jika skema ini terealisasikan maka Cou akan bermain dengan dua rekan midfielder lain yang bisa diperankan siapa saja. Nama Adam Lallana, Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum, Emre Can, Alex Oxlade-Chamberlain, atau bahkan James Milner tersedia. Bisa dibayangkan bukan bagaimana menakutkannya trio Firmansah jika disokong skill playmaking Coutinho yang cukup oke.

2. ‘Nomor 10’

Coutinho memang sudah mengenakan jersey bernomor 10 sejak pertama kali datang ke Liverpool, namun belakangan ini ia lebih sering diposisika sebagai wide forward menemani Mane dan Firmino. Itu kenapa opsi penempatan sebagai gelandang serang di tengah patut dicoba.

Dengan skema dasar 4-2-3-1 Coutinho bisa diletakkan sejajak dengan Salah dan Mane yang kemudian sama-sama menyokong Firmino yang menjadi pucuk formasi. Nantinya keempat pemain ini akan bergerak cair di sepertiga akhir lapangan. Akan tetapi dua posisi gelandang harus diisi midfielder yang punya karakter bertahan yang lebih kuat macam Henderson dan Can. Kesempatan main untuk Wijnaldum dam Lallana bisa sedikit berkurang karena atribut ofensif mereka lebih menonjol.

3. Winger 4-4-2

Bisa dibilang opsi ini yang paling beraroma coba-coba. Coutinho bersama Salah akan menjadi sepasang winger di formasi 4-4-2 konvensional. Dengan menduetkan Mane dan Firmino di depan nantinya skema ini bisa diterapkan menjadi 4-2-4 jika dalam posisi menyerang. Lebih tampak seperti opsi wildcard, namun diatas kertas sangat mematikan. (Sumber: Give Me Sport)

BACA
5 Pemain Chelsea Yang Harusnya Tak Dilepas Musim Panas Ini

 

Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama/Editor: Avandi Wiradinata

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%