in

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL: Kisah Heroik Dan Drama Di Laga Pamungkas

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL

Sepakbola.com – Laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL berlangsung penuh drama. Drama paling memilukan tentu tersingkirnya Chile dari perburan tiket setelah dipaksa menyerah oleh tim yang sebenarnya telah mengamankan tiket lebih awal, Brasil.

Hanya butuh hasil seri untuk minimal mendapat tiket play-off, Alexis Sanchez dkk justru digebuk tiga gol tanpa balas. Tersingkirnya Chile dipengaruhi juga oleh kemenangan Argentina dan hasil imbang di laga Peru vs Kolombia.

Hat-trick krusial Messi

Sementara kemenangan Argentina diwarnai kisah heroik sang megabintang Lionel Messi. Sempat terseok karena tak konsisten di 17 laga kualifikasi yang sebelumnya dijalani, Argentina mampu lolos dari lubang jarum. Setelah terlempar ke posisi 6 di laga ke-17, Albiceleste melesat ke peringkat tiga berkat kemenangan meyakinkan 3-1 kontra tuan rumah Ekuador di laga penutup.

Messi cs pun langsung melenggang otomatis ke Piala Dunia 2018. Bersama Uruguay dan Kolombia, Argentina menyusul Brasil yang sudah mengamankan tiket mereka terlebih dulu. Sebelumnya Argentina sempat diprediksi tak akan lolos atau kemungkinan tertunda dan harus menjalani play-off. Namun performa tak maksimal para rival membuat skenario negatif tak terjadi.

Tendangan bebas tak langsung Peru

Kisah dramatis lain datang dari Lima, ibukota Peru. Sempat tertinggal saat jumpa Kolombia, tuan rumah berhasil memaksakan hasil imbang melalui sebuah gol tendangan bebas cantik di menit 74. Publik Estadio Nacional de Lima yang sempat tertunduk pun kembali membara menanti skuat kesayangan mereka mengulang sejarah keikutsertaan di Piala Dunia.

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Everton 2-5 Arsenal: Ozil Pahlawan Gunners

Kesalahan yang dilakukan kiper Kolombia David Ospina mempengaruhi terjadinya gol Peru. Pasalnya, wasit sebenarnya memberi tanda tendangan bebas tak langsung (indirect free-kick) bukan tendangan bebas langsung (direct free-kick). Tandanya adalah wasit mengangkat tangannya tinggi-tinggi.

Entah sengaja atau memang tidak tahu, Paolo Guerrero memaksakan melakukan tendangan bebas frontal ke arah gawang seolah sedang mengeksekusi direct free-kick. Beruntung Ospina melakukan sentuhan sebelum bola masuk ke gawang sehingga wasit mengesahkan gol Peru. Andai Ospina membiarkan saja bola masuk ke gawang tanpa berusaha melakukan penyelamatan, wasit kemungkinan besar akan menganulirnya. Drama!.

Hasil seri cukup bagi Peru untuk mengamankan tiket play-off dan memperpanjang mimpi lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1982. Untuk lolos, Paolo Guerrero dkk harus melewati adangan wakil Oseania, New Zealand. Peluang Peru untuk melaju terbilang besar mengingat secara tradisi play-off, tim-tim Amerika Latin jelas lebih superior ketimbang negara-negara Oseania. Alasan superioritas Amerika Latin pula yang membuat Australia memilih hengkang ke zona Asia demi memperbesar peluang lolos ke Piala Dunia.

Persaingan Messi vs Ronaldo di Piala Dunia 2017

Lolosnya Messi membuat dua pemain terbaik dunia dipastikan akan memeriahkan panggung akbar di Rusia. Pasalnya di kualifikasi Zona Eropa, Portugal yang dipimpin Cristiano Ronaldo juga sukses memastikan tiket lolos otomatis di laga pamungkas. Portugal meraih puncak klasemen setelah menggusur Swiss, yang sebelumnya sempat menguasai posisi teratas, lewat kemenangan dengan skor 2-0.

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Real Madrid 3-0 Eibar: Skuat Tak Biasa Madrid Hasilkan Poin Penuh

Bakal tampilnya Messi dan Ronaldo, kecuali terhambat hal luar biasa seperti cedera, tentu kabar bagus buat marketing Piala Dunia 2018. Persaingan Messi vs Ronaldo diharapkan bisa menutup absennya pemain-pemain top macam Gareth Bale, Alexis Sanchez, Pierre Emerick-Aubameyang hingga Arjen Robben.

Kini Piala Dunia masih menunggu bintang-bintang Italia dan juga Kroasia meniti jalan lolos via jalur play-off zona Eropa. Jika kedua negara itu gagal melaju, tentu akan semakin banyak bintang yang absen dari turnamen sepakbola paling akbar sejagat edisi 2018.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%