in

Negara Mana Saja yang Sudah Lolos Ke Piala Dunia 2018?

Sepakbola.com – Putaran terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 segera berakhir. Sudah 29 negara yang memastikan tempat mereka di Rusia, tersisa tiga slot lagi untuk tampil di ajang terakbar sepak bola ini.

Ada pemenang lima kali Piala Dunia Brasil, juara bertahan Jerman, Argentina, Belgia, Kolombia, Kosta Rika, Kroasia, Mesir, Inggris, Prancis, Islandia, Iran, Jepang, Meksiko, Maroko, Nigeria, Panama, Polandia, Portugal, Arab Saudi, Senegal, Serbia, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Tunisia dan Uruguay.

Siapa bintang mereka dan siapa pelatih yang menjadi pembimbing mereka? Berikut penjelasan singkatnya.

EROPA

Rusia (tuan rumah)

Pemain kunci: Kiper veteran Igor Akinfeev

Siapa bosnya? Cherchesov mendukung timnya usai Piala Konfederasi, mengatakan pemainnya akan dewasa karena pengalaman. Mantan kiper Uni Soviet dan Rusia ini diberi target mencapai semifinal musim panas tahun depan.

Belgia

Pemain kunci: Eden Hazard (Chelsea)

Siapa bosnya? Pencapaian terbesar Martinez di Inggris adalah membimbing Wigan menjuarai FA Cup pada tahun 2013, tetapi mereka didegradasi tiga hari kemudian. Untuk serangan dia tidak dipertanyakan, tetapi untuk pertahanan banyak yang meragukan.

Kroasia

Pemain kunci: Luka Modric (Real Madrid)

Siapa bosnya? Zlatko Dalic. Pelatih dalam waktu singkat, tetapi membawa keberuntungan karena dia baru mengambil alih Kroasia pada bulan Oktober 2017. Pelatih sebelumnya Ante Cacic hanya menyisakan satu laga kualifikasi, tetapi mereka basil lolos melalui play-off dengan agregat 4-1.

Inggris

Pemain kunci: Harry Kane (Tottenham Hotspur)

Siapa bosnya? Gareth Southgate akan menjalani tunamen terbesar pertamanya. Inggris kalah duakali di bawah kepemimpinannya – Jerman dan Prancis – tetapi tidak terkalahkandi kualifikasi.

Prancis

Pemain kunci: Antonine Griezmann (Atletico Madrid)

Siapa bosnya? Didier Deschamps bermain 103 kali untuk Prancis dan membantu mereka memenangkan Piala Dunia 1998 serta Euro 2000. Dia sudah menjadi bos Prancis sejak Juli 2012 dan membawa mereka ke final Euro, tetapi kalah 1-0 dari Portugal di extratime.

Jerman

Pemain kunci: Toni Kroos (Real Madrid)

Siapa bosnya? Joachim Low. Mantan asisten manajer Jurgen Klinsmann dari tahun 2004-2006. Pria 57 tahun ini membawa Jerman juara Piala Dunia 2014 melawan Argentina di final dan juga memenangkan Piala Konfederasi tahun lalu

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Anderlecht 1-2 Bayern Munchen: Kemenangan Solid Raksasa Bavaria

Islandia

Pemain kunci: Gylfi Sigurodsson (Everton)

Siapa bosnya? Heimir Hallgrimsson seorang dokter gigi yang awalnya bekerja bersama veteran Swedia Lars Lagerback. Setelah sukses di Euro dia mendapat kontrak untuk sendirian memimpin Islandia dan kualifikasi mereka sukses.

Polandia

Pemain kunci: Robert Lewandowski (Bayern Munich)

Siapa bosnya? Adam Nawalka sudah memimpin sejak 2013 dan sudah 39 pertandingan memimpin Polandia. Kontraknya berakhir pada bulan Desember, tetapi karena dia berhasil membawa tim ke perempat final Euro 2016, dua tahun setelah gagal lolos ke Piala Dunia dia membuat kesepakatan baru.

Portugal

Pemain kunci: Cristiano Ronaldo (Real Madrid)

Siapa bosnya? Fernando Santo mulai melatih Portugal pada tahun 2014 dan berhasil memenangkan Euro 2016. Dia manajer Yunani di Piala Dunia 2014, membawa tim tersebut ke babak 16 besar, tetapi kalah adu penalti melawan Kosta Rika.

Serbia

Pemain kunci: Nemanja Matic (Manchester United)

Siapa bosnya? Slavoljub Muslin ditunjuk pada 2016 dan belum memiliki pengalaman di turnamen besar tetapi dia sukses di liga domestik Bulgaria.

Spanyol

Pemain kunci: Isco (Real Madrid)

Siapa bosnya? Julen Lopetegui ditunjuk pada Juli 2016 dan Spanyol tak terkalahkan 13 pertandingan selama eranya. Dia memenangkan Euro U21 dan U19 bersama Spanyol, tetapi belum pernah melatih tim senior.

Swedia

Pemain kunci: Marcus Berg (Al Ain FC)

Siapa bosnya? Janne Anderson mengambil alih Swedia setelah lima tahun bersama IFK Norrkoping. Dia membawa Swedia di ke Piala Dunia di kesempatan pertamanya.

Swiss

Pemain kunci: Xherdan Sahqiri (Stoke City)

Siapa bosnya? Vlademir Petkovic sudah memimpin Swiss sejak 2014 dan membawa mereka ke 16 besar Euro 2016. Dia pernah memenangkan Coppa Italia tahun 2013 bersama Lazio.

AMERIKA SELATAN

Argentina

Pemain kunci: Lionel Messi (Barcelona)

Siapa bosnya? Mantan pelatih Chile yang membawa mereka menjuarai Copa America 2015 dan Centenario 2016, ironisnya memenangkan turnamen tersebut dengan mengalahkan Argentina. Pada Mei 2017 dia ditunjuk sebagai pelatih Argentina.

BACA
[VIDEO] CUPLIKAN GOL Everton 1-5 Atalanta: The Goddess Permak Habis The Toffees

Brasil

Pemain kunci: Neymar (PSG)

Siapa bosnya? Tite menggantikan Dunga yang membawa Brasil di posisi enam klasemen klasifikasi Piala Dunia. Mantan bos Corinthians tersebut akhirnya membawa Brasil memimpin di puncak klasemen dengan keunggulan 10 poin.

Kolombia

Pemai kunci: James Rodriguez (Real Madrid)

Siapa bosnya? Jose Pekerman sudah melatih Kolombia sejak 2012 dan memenangkan pelatih terbaik Amerika Selatan tiga kali sampai saat ini.

Uruguay

Pemain kunci: Luis Suarez

Siapa bosnya? Oscar Tabarez sudah ditunjuk sejak 2006 dan mempersembahkan Copa Amerika pada tahun 2011.

AMERIKA UTARA, TENGAH dan KARIBIA

Meksiko

Pemain kunci: Hirving Lozano (PSV)

Siapa bosnya? Juan Carlos Osorio merupakan mantan asisten manajer di Manchester City, tetapi melewatkan Gold Cup karena di skors FIFA karena menghina ofisial saat Piala Konfederasi. Lulus dari Universitas Liverpool John Moores sebagai diploma sains dan sepakbola.

Kosta Rika

Pemain kunci: Giancarlo Gonzalez (Bologna)

Siapa bosnya? Oscar Ramirez yang juga mantan pemain timnas. Dia sukses di liga domestik sebelum mengambil alih posisi Paulo Wanchope pada tahun 2015.

Panama

Pemain kunci: Luis Tejada (Universitario de Deportes)

Siapa bosnya? Hernan Dario Gomez, pria asal Kolombia yang juga sempat melatih timnasnya. Ini merupakan Piala Dunia ketiganya setelah membawa Kolombia ke Piala Dunia 1998. Kemudian dia membawa Ekuador ke turnamen ini pada 2002.

ASIA

Iran

Pemain kunci: Sardar Azmoun (Rubin Kazan)

Siapa bosnya? Carlos Queiroz punya CV yang bisa dibanggakan dalam sepakbola, dimulai dari Sporting Lisbon, Afrika Selatan, Real Madird, asisten manajer Sir Alex Ferguson dan dua kali melatih Portugal. Di Iran dia sudah menghabiskan waktu enam tahun.

Jepang

Pemain kunci: Keisuke Honda (Pachua), Shinji Kagawa (Dortmund) dan Shinji Okazaki (Leicester)

Siapa bosnya? Vahid Halilhodzic. Pria Bosnia ini sudah membuktikan prestasinya dengan membawa Aljazair ke babak knockout pertama kalinya dalam sejarah negara tersebut tahun 2014.

BACA
5 Hal Yang Buat Serie A Jadi Liga Paling Kompetitif Saat Ini

Arab Saudi

Pemain kunci: Nasser Al Shamrani (Al Hilal)

Siapa bosnya? Bert van Marwijk yang sudah menangani tim ini sejak 2015. Dia juga membawa Belanda ke Piala Dunia 2010 serta sempat melatih Dortmund, Feyenoord dan Hamburg.

Korea Selatan

Pemain kunci: Son Heung-min (Tottenham Hotspur)

Siapa bosnya? Shin Tae-yong, dikenal sebagai Mourinhonya Asia. Sempat tertekan karena kesulitan tim di kualifikasi, tetapi dia mengembalikan Korea Selatan ke jalur yang benar. Dia merupakan mantan pemain K-League dan sudah bermain 12 tahun.

AFRIKA

Mesir

Pemain kunci: Mohamed Salah

Siapa bosnya? Hector Cuper yang pernah melatih Inter dan Valencia, ditunjuk pada 2015. Dia jugas sempat memimpin Gerorgia dari tahun 2008-2009.

Maroko

Pemain kunci: Medhi Benatia (Juventus)

Siapa bosnya? Pelatih asal Prancis Herve Renard melatih nomaden sejak pensiun tahun 1998. Dia memenangkan Piala Afrika dua kali bersama Zambia 2012 dan Pantai Gading 2015. Gagal bersama Lille dia mengambil alih Maroko pada 2016.

Nigeria

Pemain kunci: John Mikel Obi (Tianjin Teda)

Siapa bosnya? Gernot Rohr sudah melatih ke penjuru dunia, dari Nice ke Gabon, Burkina Faso dan Nigeria. Pria Jerman ini punya pengetahuan luas tentang sepakbola. Selain itu dia juga pernah menangani klub Prancis Nantes, Young Boys Berne di Swiss, klub Tunisia Etoile du Sahel.

Senegal

Pemain kunci: Sadio Mane

Siap bosnya? Aliou Cisse, mengambil alih Senegal sebagai caretaker karena pemecatatan Amara Traore di tahun 2012. Dia sempat kembali ke U23 dan kemudian pada 2013 posisinya permanen.

Tunisia

Pemain kunci: Aymen Abdennour

Siapa bosnya?

Pernah gagal membawa Tunisia ke Piala Dunia 2014 dan mengundurkan diri. Dia kembali pada April 2017 setelah melatih klub Qatar, Jaish SC. Di menjadi asisten Roger Lemerre saat Tunisia memenangkan Piala Afrika 2004 dan membawa ES Tunis treble pada tahun 2011.

 

Penulis: Ricky Sulastomo/Editor: Avandi Wiradinata

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%